Waspada Covid-19, Kantor PetroChina Disemprot dengan Disinfektan

Jakarta, OG Indonesia -- Manajemen perusahaan PetroChina International Jabung Ltd. di Jakarta telah meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penyebaran Covid-19. Keputusan terbaru yang diambil oleh manajemen perusahaan adalah dengan membersihkan seluruh area kerja di kantor PetroChina dengan cairan disinfektan. 


Sehubungan dengan hal tersebut, maka pihak manajemen PetroChina mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah (work from home) mulai hari Kamis, 12 Maret 2020. Kebijakan ini berlaku untuk karyawan di semua departemen, kecuali yang memiliki pekerjaan dengan tenggat waktu seperti finance reporting dan tax reporting. 

VP Human Resources and Relations PetroChina Dencio Renato Boele menjelaskan bahwa langkah ini diambil karena prioritas utama perusahaan adalah menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan serta keluarga. 

“Kebijakan bekerja dari rumah dilakukan sehubungan dengan rencana melakukan penyemprotan seluruh area kerja di kantor PetroChina Jakarta dengan cairan disinfektan. Penyemprotan ini dilakukan sejak Rabu malam, 11 Maret 2020. Area yang dibersihkan mencakup seluruh ruangan kerja, ruang rapat, masjid, ruang multifungsi, ruang parkir bawah tanah dan seluruh kendaraan operasional,” jelas Dencio. 

Pembersihan secara menyeluruh dengan cairan disinfektan akan meninggalkan residu selama beberapa waktu sehingga karyawan tidak disarankan untuk berada di kantor sampai residu cairan disinfektan sepenuhnya hilang. 

Meskipun berada di rumah, seluruh karyawan diwajibkan melaporkan suhu tubuh kepada pimpinan departemen masing-masing sebanyak tiga kali sehari. Pengecekan suhu secara rutin dilakukan untuk semua karyawan sejak bulan Januari 2020. Di kantor, pengecekan dilakukan oleh HSSE Dept. setiap pukul 07.00 dan 13.00. 

Saat dilakukan pengecekan suhu pada hari Rabu, 11 Maret 2020, ditemukan tiga orang karyawan dengan suhu badan yang sama dengan/lebih tinggi dari standar kesehatan yang ditetapkan kantor pusat PetroChina di Beijing, yaitu 37,2 derajat celcius. Ketiga karyawan tersebut kemudian dirujuk ke dokter perusahaan, diberikan obat penurun demam dan diminta pulang ke rumah masing-masing. 

Ketiganya kemudian diminta untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Saat ini, ketiganya berada di rumah dengan keadaan suhu tubuh normal dan tidak mengalami batuk, pilek atau kesulitan bernafas. 

“Kami informasikan bahwa, sampai saat ini, tidak ada karyawan PetroChina di Indonesia yang menunjukkan gejala Covid-19. Kami akan terus memantau kondisi seluruh karyawan dan menganjurkan mereka untuk selalu menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai petunjuk dari otoritas kesehatan seperti WHO dan Kementerian Kesehatan,” lanjut Dencio. 

Ditegaskan olehnya, seluruh karyawan kantor Jakarta, termasuk beberapa ekspatriat, memiliki kondisi baik dan siap bekerja. Manajemen PetroChina sendiri terus berkoordinasi dengan SKK Migas dan institusi kesehatan terkait dalam pencegahan penyebaran Covid-19. R3

Waspada Covid-19, Kantor PetroChina Disemprot dengan Disinfektan Waspada Covid-19, Kantor PetroChina Disemprot dengan Disinfektan Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Maret 12, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.