KKKS Ajukan Force Majeur, SKK Migas Tegaskan Hulu Migas Tak Boleh Berhenti

Jakarta, OG Indonesia -- Pembatasan kegiatan untuk mencegah meluasnya penyebaran wabah COVID-19, mempengaruhi realisasi pelaksanaan proyek hulu migas. Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto menegaskan KKKS hanya boleh memperlambat kegiatannya, tetapi tidak boleh menghentikan kegiatannya sama sekali.


Pernyataan Dwi Soetjipto disampaikan di Jakarta, pada Kamis (9/4/2020) menanggapi permintaan beberapa KKKS yang ingin mengajukan force majeur ataupun penghentian kegiatannya di lapangan akibat COVID-19. 

“Industri hulu migas selalu menjunjung tinggi kesehatan dan keselamatan kerja. Wabah COVID-19 ini harus dicermati hati-hati. Namun kita tidak harus menghentikan kegiatan dan wajib melakukan penangkalan,” tegas Dwi.

Dampak penyebaran wabah COVID-19 memang berpengaruh pada realisasi kegiatan pengeboran, dan menurunnya permintaan gas dari para pembeli. Penyebaran virus itu juga menghambat realisasi kegiatan operasinal lainnya seperti pelaksanaan kalibrasi alat ukur di lapangan, pelaksanaan evaluasi mutu minyak dan gas bumi, pelaksanaan lifting di beberapa titik pengambilan minyak, mobilisasi crew change pekerja dan pergerakan barang di lapangan, pergerakan material khususnya yang terkait dengan long lead item.

Pihak SKK Migas sendiri berusaha melakukan penangkalan penyebaran COVID-19 yang dilakukan di lapangan, antara lain memberlakukan isolasi mandiri pada pekerja yang akan melakukan crew change, menyiapkan ruang isolasi serta melakukan pengecekan ketat terhadap kesehatan pekerja. 

SKK Migas juga melakukan koordinasi dengan para pimpinan daerah di wilayah operasi hulu migas khususnya terkait mobilisasi pekerja dan barang. SKK Migas juga berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan terhadap kebutuhan mendesak pergerakan pekerja dari luar negeri yang dibutuhkan oleh industri hulu migas.

“Kegiatan hulu migas tidak lagi hanya berperan sebagai sumber penerimaan negara, namun telah menjadi penggerak ekonomi nasional dengan multiplayer effect diberbagai bidang seperti ekonomi, lapangan kerja, TKDN dan lainnya. Dengan terus bergeraknya industri hulu migas maka dapat menjadi urat nadi perekonomian nasional di tengah perlambatan aktivitas ekonomi”, tambah Dwi. (R1/Migas Indonesia)

KKKS Ajukan Force Majeur, SKK Migas Tegaskan Hulu Migas Tak Boleh Berhenti KKKS Ajukan Force Majeur, SKK Migas Tegaskan Hulu Migas Tak Boleh Berhenti Reviewed by OG Indonesia on 11.24 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.