Siaga COVID-19, Crew Change PHE ONWJ Ditambah Jadi 28 Hari Sekali

Jakarta, OG Indonesia -- Meski dalam kondisi pandemik COVID-19, anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yaitu PHE ONWJ memastikan aktivitas  operasi di lapangan tetap berjalan dengan baik.

“Kegiatan kami tetap berjalan seperti sebelumnya. Tentu ada yang kami sesuaikan untuk menghadapi pandemik COVID-19, seperti crew change yang biasanya berlangsung  setiap 12 hari sekali, kini kami perpanjang menjadi 28 hari, “ ujar Cosmas Supriatna, GM PHE ONWJ.

Cosmas menambahkan, hal ini dilakukan sebagai antisipasi untuk mengurangi mobilitas pekerja saat crew change sehingga  penularan virus dapat diminimalisir. Upaya lainnya pun dilakukan berupa screening kesehatan pekerja saat crew change untuk memastikan pekerja dalam kondisi sehat sebelum memasuki lokasi kerja.

Total sebelas flow station offshore, satu rig pemboran, dua lift barge well service dan lima lapangan onshore dengan kondisi pada saat operasi normal sebelumnya terdapat sekitar 1200 pekerja dan saat ini dikurangi menjadi sekitar sekitar 970 pekerja. Hal ini dilakukan sebagai upaya menerapkan physical-distancing di tempat kerja. 

Beberapa upaya lain adalah, menjaga kebersihan kapal crew change dengan  melakukan pembersihan menggunakan desinfektan. Selain itu para pekerja juga harus memakai masker secara konsisten saat berangkat crew change. Selain itu, untuk  pengiriman barang-barang penunjang operasi maupun stok makanan, dipastikan tetap berjalan dengan baik dan dalam keadaan bersih sesuai standar Food Safety. 

Hingga saat ini, target produksi masih sama sesuai dengan RKAP dan terus berupaya memenuhi target APBN meskipun lebih besar dari target RKAP yang diajukan. Baru-baru ini PHE ONWJ  juga melakukan pengeboran sumur FK-1  dengan hasil yang cukup positif.

 “Bekerja saat kondisi seperti ini tentu tidak mudah dan berisiko tinggi. Namun ini adalah tanggung jawab kami demi ketahanan energi negeri,” pungkasnya. (R1/Migas Indonesia)
Siaga COVID-19, Crew Change PHE ONWJ Ditambah Jadi 28 Hari Sekali Siaga COVID-19, Crew Change PHE ONWJ Ditambah Jadi 28 Hari Sekali Reviewed by OG Indonesia on Sabtu, April 11, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.