Adani Green Energy Raih Proyek Tenaga Surya Terbesar di Dunia


Dallas/Brisbane, OG Indonesia -- Adani Green Energy Limited (AGEL, NSE: ADANIGREEN) dan Adani Solar Manufacturing telah memenangkan perjanjian proyek tenaga surya pertama yang terhubung dengan produksi dari Solar Energy Corporation of India (SECI).

Sebagai bagian dari perjanjian ini, AGEL akan mengembangkan proyek tenaga surya 8 GW bersama dengan komitmen yang akan melihat Adani Solar Manufacturing membangun tambahan kapasitas sel surya 2 GW dan kapasitas produksi modular. Penghargaan proyek ini, yang terbesar dari jenisnya yang pernah ada di dunia, akan memerlukan investasi tunggal sebesar US$ 6 miliar dan akan menciptakan 400.000 lapangan kerja langsung dan tidak langsung. Proyek ini juga akan menggantikan 900 juta ton karbon dioksida selama masa pakainya.

Dengan kemenangan proyek ini, AGEL akan memiliki kapasitas pembangkit tenaga surya sebesar 15 GW dalam operasi, konstruksi atau di bawah kontrak sehingga mempercepat perjalanannya menuju menjadi perusahaan energi terbarukan terbesar di dunia pada tahun 2025. Proyek ini juga akan membawa Adani Green Energy Limited lebih dekat kepada targetnya untuk mencapai kapasitas pembangkit terpasang 25 GW tenaga listrik terbarukan pada tahun 2025 yang disisi lain akan melakukan total investasi sebesar US$ 15 miliar dalam ruang energi terbarukan selama lima tahun ke depan.

Gautam Adani, Chairman Adani Group


Mengomentari tentang proyek tersebut, Gautam Adani, Chairman Adani Group, mengatakan pihaknya merasa terhormat telah dipilih oleh Solar Energy Corporation of India untuk penghargaan tenaga surya ini. "Di dunia sekarang ini, adaptasi iklim tidak dapat dianggap independen dari prioritas pembangunan ekonomi dan baik penciptaan lapangan kerja maupun dekarbonisasi haruslah menjadi tujuan yang berjalan bersama. Fakta bahwa energi terbarukan akan beralih menjadi bahan bakar paling bersih dan paling ekonomis di dunia adalah kesimpulan yang pasti dan Grup Adani berniat untuk memainkan peran utama dalam perjalanan ini," ucapnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/6/2020).

Berdasarkan perjanjian, penghargaan proyek 8 GW pengembangan tenaga surya akan dilaksanakan selama lima tahun ke depan. 2 GW kapasitas pembangkitan pertama akan mulai beroperasi pada tahun 2022 dan 6 GW kapasitas berikutnya akan ditambahkan dalam peningkatan tahunan sebesar 2 GW hingga 2025. 



Proyek-proyek ini akan mencakup berbagai lokasi, termasuk proyek pembangkitan satu situs 2 GW, yang terikat untuk proyek situs tunggal terbesar yang diumumkan secara global. Kapasitas produksi sel surya dan modul 2 GW akan didirikan pada 2022 dan seiring dengan 1,3 GW kapasitas yang ada akan mengkonsolidasikan posisi Grup Adani sebagai produsen surya terbesar di India.

Model bisnis Adani Green Energy Limited berfokus pada kontrak jangka panjang dengan rekanan kelas investasi, membangun proyek-proyek besar secara pesat, dan setelahnya membangun kemitraan pengembangan tenaga surya dengan pemain energi terintegrasi global terkemuka yang berupaya mengurangi jejak karbon mereka, yang membuat perusahaan dapat berkembang pesat sejak pencatatan saham perdana kurang dari dua tahun lalu. Kontrak baru ini selanjutnya akan membantu memperkuat model ini. (R2/Migas Indonesia)

Adani Green Energy Raih Proyek Tenaga Surya Terbesar di Dunia Adani Green Energy Raih Proyek Tenaga Surya Terbesar di Dunia Reviewed by OG Indonesia on 21.11 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.