Pertamina Foundation Berdayakan Penyandang Disabilitas Kebumen dengan Budidaya Lele dalam Ember


Kebumen, OG Indonesia --
Pertamina Foundation (PF) melalui program PFBangkit memberikan bantuan pelatihan dan sarana usaha budidaya lele dalam ember sebanyak 100 paket alat dan bahan budidaya kepada penyandang disabilitas yang terdampak pandemi COVID-19 di Kabupaten Kebumen, Kamis (23/7/2020). 

Penyerahan bantuan dilakukan di Rumah Dinas Wakil Bupati Kebumen dengan menghadirkan perwakilan dan koordinator kelompok penyandang disabilitas dari berbagai panti di Kebumen. "Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi dan solusi untuk permasalahan ekonomi selama masa wabah korona ini," ujar Direktur Operasinal Pertamina Foundation, AM Unggul Putranto.

Selama pandemi COVID-19, PFBangkit sudah membantu masyarakat melalui berbagai program reaksi cepat, mulai dari bantuan sembako dan makan siang, distribusi hand sanitizer dan masker, serta bantuan APD bagi tenaga medis. Selain itu, program pemberdayaan masyarakat juga terus berjalan, antara lain ternak Lele dalam ember, hidroponik, dan program membatik.

Program PFBangkit di Kebumen ini merupakan kelanjutan dari MoU yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kebumen dengan Pertamina Foundation pada tanggal 11 Maret 2020 lalu. MoU ini akan membangun sinergi antara program dari Pemerintah Kebumen dengan Pertamina Foundation selaku pengelola dana CSR Pertamina. 

Wakil Bupati Kebumen Arief Sugiyanto mengatakan Pemerintah Kebumen aktif membuka diri dan mengajak serta seluruh komponen membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kebumen. "Bantuan ini tentunya merupakan awal dari kerjasama kami dengan Pertamina Foundation dan kami harapkan akan ada banyak program pemberdayaan masyarakat di Kebumen yang terlaksana ke depannya," ucap Arief.

Tidak hanya bantuan program budidaya Lele, Pertamina Foundation menyerahkan sejumlah 100 paket Alat Pelindung Diri (APD) dan 1.000 masker. Setelah acara simbolis penyerahan bantuan, Tim Teknis dari Pertamina Foundation memberikan pelatihan dan tutorial bagaimana Budidaya Lele Dalam Ember. Panduan praktis dan mudah cocok untuk kegiatan penyandang disabilitas dengan berbagai kebutuhan khususnya.

Unggul Putranto menambahkan kerja sama  PF dan Pemerintah Kebumen dapat terus dikembangkan. PF sendiri memiliki program lain yang terkait sosial kemasyarakatan yaitu PFPreneur atau Women Preneur. Lanjut Unggul, PF melihat potensi kewirausahaan perempuan di Kebumen dapat juga dikembangkan menjadi pilar penyangga ekonomi keluarga. "Potensi ini yang kami harapkan dapat membangun kerja sama Kebumen dengan program-program PF lainnya," pungkas Unggul. R3
Pertamina Foundation Berdayakan Penyandang Disabilitas Kebumen dengan Budidaya Lele dalam Ember Pertamina Foundation Berdayakan Penyandang Disabilitas Kebumen dengan Budidaya Lele dalam Ember Reviewed by OG Indonesia on Sabtu, Juli 25, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.