Begini Perjuangan Pertamina Pasok BBM ke Pulau Enggano di Samudra Hindia


Pulau Enggano, OG Indonesia -- PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region II Sumbagsel, meningkatkan stok BBM di Kecamatan Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Penguatan stok hingga level 90 hari (3 bulan), dengan pertimbangan kondisi cuaca serta kondisi alam yang dalam dua pekan terakhir terjadi gempa di perairan barat Sumatera yang berimbas hingga ke wilayah Bengkulu dan Bengkulu Utara. 

Pengiriman Bahan Bakar Minyak dilakukan pada Sabtu malam (22/8/2020), dengan 8 mobil tanki terdiri dari 60 KL (Kilo liter) Premium dan 10 KL Solar. Untuk mencapai ke pulau terluar Indonesia di Samudra Hindia tersebut, mobil tanki bermuatan BBM diangkut menggunakan kapal KMP Pulo Tello selama 12 jam perjalanan.  

Kapal yang dioperasikan oleh ASDP tersebut khusus disewa hanya untuk mengangkut mobil tanki bermuatan BBM. Kapal buatan tahun 2006 itu, merupakan satu-satunya kapal yang bisa mengangkut kendaraan besar untuk melayani penyeberangan dari pelabuhan Bengkulu ke pelabuhan Malakoni. Jarak Pulau Enggano ke Ibukota Provinsi Bengkulu sendiri sekitar 156 km atau 90 mil laut. 

Minggu pagi (23/8/2020) pasokan BBM tiba di Pelabuhan perintis Malakoni. Iring-iringan mobil tanki langsung menuju ke lokasi penyalur BBM satu harga yang dikelola oleh Koperasi Serba Usaha Sejahtera, untuk bongkar muat. Kapasitas penyimpanan diperkuat dengan tangki timbun yang disiapkan Pertamina dan juga dikirim dari Bengkulu.

Pengiriman BBM untuk penguatan stok tersebut, sekaligus diikuti dengan peninjauan lapangan oleh General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel, Asep Wicaksono Hadi, yang  melihat langsung penyaluran BBM satu harga di 6 Desa yang berada di Pulau Enggano.

Penyaluran BBM Satu Harga di Pulau Enggano dilakukan  sejak tahun 2017, sebagai amanat pemerintah, di mana Pertamina menggandeng lembaga penyalur resmi di wilayah terpencil untuk dapat menyediakan Premium dan Solar sesuai harga yang diatur oleh Pemerintah atau sama dengan yang dinikmati oleh masyarakat di kota besar.

Dalam hal ini, Pertamina tidak hanya mempertimbangkan aspek keuntungan semata dalam mengemban tugas tersebut, melainkan juga bentuk pelayanan untuk negeri. Karena dengan harga BBM yang lebih terjangkau, berdampak pada roda perekonomian masyarakat setempat.

“Ini wujud komitmen Pertamina untuk turut serta memajukan perekonomian masyarakat melalui peran strategis Pertamina dalam menyediakan energi yang sesuai dengan prinsip ketersediaan (Availability), kemudahan akses (Accessibility), keterjangkauan (Affordability), penerimaan (Acceptability) serta berkelanjutan (Sustainability)," kata Asep.

Selain BBM satu harga, Pertamina juga memasok kebutuhan Solar untuk operasional PLN di Pulau Enggano berkapasitas 60 KL.

Dalam mengemban tugas mulia ini, Pertamina banyak menghadapi tantangan dan risiko, khususnya saat mendistribusikan pasokan BBM ke wilayah-wilayah yang dinilai ekstrem. Untuk mencapainya, moda tansportasi yang digunakan beragam, antara lain darat, laut, hingga udara, agar pasokan energi bisa mencapai lokasi tujuan. (R3/Migas Indonesia)

Begini Perjuangan Pertamina Pasok BBM ke Pulau Enggano di Samudra Hindia Begini Perjuangan Pertamina Pasok BBM ke Pulau Enggano di Samudra Hindia Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Agustus 25, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.