PEP Sangatta Tajak Sumur STE-15 dan STE-04


Jakarta, OG Indonesia -- SKK Migas melalui KKKS Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field (PEP Sangatta) melaksanakan tajak sumur pengeboran sumur STE-15 dan STE-04 pada Jumat (28/8/2020). Kedua sumur ini berada dalam satu cluster, terletak di Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur, Kalimatan Timur.

Sumur STE-15 direncanakan akan selesai dibor dalam waktu 28 hari, dengan kedalaman 1.800 meter. Sementara sumur STE-04 akan dibor dengan kedalaman 2.000 meter, dengan estimasi waktu pelaksanaan pengeboran di minggu ke-1 bulan Oktober 2020 atau setelah sumur STE-15 selesai. Pengeboran STE-15 dan STE-04 menggunakan RIG 22.2 / OW700-M milik  Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI). Sumur STE-15 dan STE-04 diprediksi dapat menambah produksi minyak PEP Sangatta sejumlah 400 barrel oil per day (bopd).

Asset 5 General Manager Andri Haribowo menyampaikan bahwa PT Pertamina EP (PEP) mendapat tugas dari negara untuk memenuhi kebutuhan energi negeri dan menambah devisa negara, di antaranya melalui pengeboran dua sumur, yaitu STE-15 dan STE-04, yang diresmikan hari ini. 

"Kami berharap dapat terus memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah yang diatur melalui mekanisme bagi hasil migas, pajak-pajak daerah, pemberdayaan vendor dan masyarakat lokal, serta program pemberdayaan masyarakat,” ujar Andri.

Hanif Setiawan selaku Sangatta Field Manager menyampaikan bahwa kegiatan pengeboran kali ini merupakan pengeboran pertama di tahun 2020. Hanif juga mengungkapkan bahwa dukungan yang telah diberikan stakeholder, sangat membantu PEP Sangatta dalam melewati tantangan yang dihadapi pada beberapa bulan terakhir ini, khususnya pandemi COVID-19. 

“Harapan kami dengan dukungan seluruh stakeholder, pengeboran kali ini semoga berjalan sukses dan selamat sehingga pada akhirnya dapat memberikan kontribusi bagi Kabupaten Kutai Timur,” imbuh Hanif.

Plt. Bupati Kutai Timur, Kasmidi, mengapresiasi kinerja PEP Sangatta yang beroperasi di wilayahnya yang juga telah memberikan dukungan melalui program CSR dan bantuan lainnya kepada masyarakat Kabupaten Kutai Timur.

“Oleh karena itu, mari kita doakan, mudahan-mudahan apa yang dilakukan PEP Sangatta mampu memberikan hasil optimal dan bermanfaat bagi Kabupaten Kutai Timur,” imbuh Kasmidi.

PEP Sangatta merupakan salah satu lapangan migas yang dikelola oleh PEP dan operasionalnya berada di bawah pengawasan Pertamina EP Asset 5 (PEP Asset 5). Berdasarkan data Sistem Operasi Terpadu (SOT) SKK Migas akhir Juli 2020 year-to-date, produksi minyak mentah PEP Sangatta berada di angka 1.870 bopd. Sedangkan produksi gas berada di kisaran 2,13 million standard cubic feet per day (mmscfd) dari target 1,33 mmscfd, atau realisasi sebesar 159,6%. R1

PEP Sangatta Tajak Sumur STE-15 dan STE-04 PEP Sangatta Tajak Sumur STE-15 dan STE-04 Reviewed by OG Indonesia on Sabtu, Agustus 29, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.