IAGI Tegaskan Pentingnya Eksplorasi Sumber Daya Kebumian Nasional


Jakarta, OG Indonesia -- 
Aktifitas eksplorasi sumber daya kebumian Indonesia cenderung menurun sejak lebih dari sepuluh tahun terakhir, khususnya green field exploration. Saat ini, nilai investasi development exploration (eksplorasi pengembangan) relatif lebih besar dibandingkan green field exploration baik di bidang mineral, batubara, migas maupun geotermal.

Menurut Sukmandaru Prihatmoko, Ketua Umum Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), kalau kondisi ini tidak diantisipasi dengan baik, seiring dengan menipisnya sumber daya dan cadangan mineral, batubara serta migas yang ada, maka sumber daya kebumian tidak akan mampu mendukung industri dan ketahanan energi ke depannya. 

"Meningkatkan  ketahanan energi, termasuk energi terbarukan (geotermal) dan ketersediaan mineral untuk industri dan energi, menjadi keharusan agenda strategis bagi sebuah negara besar seperti Indonesia," ucap Sukmandaru dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/9/2020).

Dijelaskan olehnya, mengingat perlu waktu sekitar lima sampai sepuluh tahun sejak penemuan sampai tahap operasi produksi baru, sementara penemuan sumber daya dan cadangan baru sangat penting untuk inventori nasional, maka kegiatan eksplorasi apapun alasannya menjadi suatu keharusan yang mendesak untuk dilakukan. 

"IAGI menilai turunnya investasi dan kegiatan eksplorasi, sebagai masalah serius dan memprihatinkan yang apabila tidak segera diatasi akan memunculkan masalah yang lebih jauh pada ketahanan industri dan ketahanan energi," tegasnya. R1




IAGI Tegaskan Pentingnya Eksplorasi Sumber Daya Kebumian Nasional IAGI Tegaskan Pentingnya Eksplorasi Sumber Daya Kebumian Nasional Reviewed by OG Indonesia on 18.54 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.