PDC Latih Pengelolaan Limbah Organik di Muba


Musi Banyuasin, OG Indonesia -
- Sampah seringkali menjadi masalah yang tak kunjung usai. Pengelolaan yang kurang pas dan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah menjadi andil yang cukup besar dan menjadi masalah di banyak tempat. Begitupun di Desa Babat Ramba Jaya, Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, yang juga menghasilkan volume dari sampah rumah tangga, perkantoran, perdagangan dan lain-lain. Sementara volume sampah yang dapat terangkut sampai ke TPA masih belum sebanding. 

PT Patra Drilling Contractor (PDC) yang beroperasi di wilayah ini dalam bidang food and lodging (catering) bagi crew rig pengeboran turut memberi perhatian terkait masalah keterbatasan sarana pengangkut dan pengelolaan sampah tersebut. Di mana PDC menggandeng komunitas tani setempat “Buma Lestari”, untuk ikut mengolah sampah atau limbah organik menjadi sesuatu yang bermanfaat, baik terhadap lingkungan maupun masyarakat. 

Melalui serangkaian proses yang mudah, limbah organik dapat diolah dan dimanfaatkan untuk kemudian menghasilkan pupuk kompos yang berguna bagi pertanian masyarakat.

"Pengolahan dan pemanfaatan limbah organik adalah suatu cara yang digunakan secara ramah lingkungan dan nantinya sangat bermanfaat membantu kesuburan berbagai jenis tanaman, baik sayur, buah ataupun yang lainnya," ucap Corporate Secretary PDC Budhi Kristianto dalam keterangannya kepada OG Indonesia, Senin (28/9/2020).

Pupuk yang dihasilkan dari program pengelolaan sampah tadi diberikan secara gratis kepada anggota komunitas untuk menyuburkan tanaman mereka. Sayur-sayuran yang dihasilkan kemudian dapat diserap PDC guna sebagai bahan pangan dalam project food and lodging (catering) yang menyediakan makanan untuk crew pengeboran. Menjadi sebuah cycle dalam semangat sinergi simbiosis mutualistis.  

Budhi menegaskan, upaya PDC tersebut dilakukan sebab pengelolaan sampah sejatinya tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah saja karena semua orang menghasilkan sampah. Lebih lanjut Budhi mengatakan bahwa di tempat yang sama PDC juga telah melakukan program CSR berupa pelatihan budidaya hortikultura.

Kepala Desa Babat Ramba Jaya, Dedi Aswari menyambut baik program PDC ini dan mendukung penuh pelaksanaannya, sebab menjadi contoh bagi perusahaan lain yang beroperasi di sana. 

Sementara itu Ketua Komunitas Buma Lestari mengatakan program pengolahan limbah organik ini sangat menarik, karena dilakukan secara edukatif dan mengajak masyarakat aktif mengolah limbah, membentuk komunitas lingkungan penggiat olahan limbah organik.

Hal senada juga diungkapkan Siti Fatimah, Anggota Kelompok Tani “Buma Lestari”. “Program ini sangat positif sekali karena sejalan kegiatan kelompok tani dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan kelompok tani “Buma Lestari”. Serta bermanfaat sekali dalam mengedukasi kelompok tani," ucapnya. R3

PDC Latih Pengelolaan Limbah Organik di Muba PDC Latih Pengelolaan Limbah Organik di Muba Reviewed by OG Indonesia on 19.55 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.