Luncurkan PFpreneur, Pertamina Foundation Tantang Perempuan Akselerasi Kegiatan Usahanya


Jakarta, OG Indonesia --
Pertamina Foundation pada hari ini, Jumat (2/10/2020) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting melaksanakan peluncuran Program PFpreneur 2020 dengan tema kegiatan 
Women Leaders and Entrepreneurs.

PFpreneur merupakan program ikonik kelima dari Pertamina Foundation, setelah PFPrestasi, PFMuda, PFBangkit, dan PFSains. Program ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina Foundation terhadap pengembangan kapasitas wirausahawan perempuan Indonesia, sehingga mereka mampu memberikan andil yang lebih besar bagi perekonomian masyarakat.

Acara peluncuran PFpreneur 2020 dilakukan oleh Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari dengan sambutan dari Presiden Direktur PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. Program ini resmi diluncurkan bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Pada acara peluncuran, tiga UMKM yaitu Sekar Kawung, Padu Padan, dan Cita Tenun Indonesia, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pertamina Foundation.

Dirut Pertamina menyambut baik hadirnya PFreneur yang bisa menjadi solusi penciptaan lapangan kerja serta menghidupkan kembali kehidupan ekonomi melalui kewirausahaan kelompok perempuan. "Kekuatan perempuan adalah pada ketangguhan dan kesabarannya dalam berwirausaha sehingga dapat menjadi pilar strategis di saat seluruh sendi ekonomi terganggu," ucap Nicke dalam sambutannya. 

Ia pun mengungkapkan bahwa UMKM menyumbang sekitar 61,4% untuk PDB Indonesia. Menariknya, 60% dari UMKM tersebut adalah perempuan wirausaha dan mayoritas masih berada pada usaha mikro. "PFpreneur adalah program women leaders dan enterpreneurship yang bertujuan mengembangkan kewirausahaan perempuan yang unggul berbasis usaha modern dan berdaya saing tinggi melalui pemanfaatan teknologi dengan akses permodalan dari kemitraan PT Pertamina (Persero)," paparnya.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari mengatakan lewat program PFpreneur para wirausahawan perempuan yang sudah menjalankan usahanya lebih dari 6 bulan akan diberi feedback, masukan dan bahkan ditantang untuk mengakselerasi kegiatan usahanya oleh tim Pertamina Foundation. 

"Sifatnya seperti kamp atau dua hari webinar capacity building misalnya, atau program percepatan lainnya, di mana kita melibatkan banyak anak-anak muda hebat, ibu-ibu hebat, bahkan selebriti dan pengusaha muda wanita hebat yang nantinya akan memberikan mentoring," beber Agus.

Penguatan yang diberikan lewat PFpreneur ini antara lain berupa pengelolaan SDM, pengetahuan terkait branding and communication, sampai aspek finansial berupa bantuan pinjaman untuk pengembangan usaha. 

"Kita bersinergi dengan CSR Pertamina melalui program kemitraan, kita harapkan womenpremeur ini akan dapat suntikan (dana) atau paling tidak akses, karena selama ini mungkin tidak semua para womenpreneur mempunyai akses informasi tentang kemungkinan mendapat pinjaman sangat lunak dari program kemitraan Pertamina," terang Agus.

Agus mengungkapkan, nantinya 10 besar perempuan wirausaha dari program PFpreneur yang berprestasi dari seluruh Indonesia akan mendapatkan pendampingan khusus dari Pertamina Foundation. "Sepuluh kelompok tersebut akan menjadi binaan dari Pertamina Foundation," jelasnya.

Untuk apresiasi (reward) bagi wirausahawan perempuan terbaik akan mendapat akses permodalan dari Program Kemitraan PT Pertamina (Persero) sampai dengan Rp 200 Juta per-UMKM dengan jasa administrasi hanya 3% per-tahun. 

Program PFpreneur terbuka untuk kelompok usaha perempuan dengan jumlah anggota minimal 5 orang. Jenis usaha meliputi bidang kerajinan, fashion, dan kuliner. Beberapa syarat anggota kelompok yang dapat menjadi peserta PFpreneur antara lain: perempuan usia minimal 18 tahun, mampu mengoperasikan gadget (gawai) dan telah memiliki embrio usaha minimal 6 bulan. Dan diutamakan kepada kelompok penyandang disabilitas, perempuan kepala keluarga dan kelompok perempuan rentan lainnya.

Melalui program PFPreneur, Pertamina Foundation akan membentuk 5000 kewirausahaan perempuan selama 5 tahun ke depan untuk menjadi kewirausahaan yang unggul berbasis pengelolaan usaha modern, memiliki daya saing pasar, dan memiliki jaringan serta sinergitas kemitraan. Pendaftaran program PFpreneur sudah dibuka sejak tanggal 2 Oktober 2020 dengan ketentuan dilakukan secara daring melalui laman https://preneur.pertaminafoundation.org. RH



Luncurkan PFpreneur, Pertamina Foundation Tantang Perempuan Akselerasi Kegiatan Usahanya Luncurkan PFpreneur, Pertamina Foundation Tantang Perempuan Akselerasi Kegiatan Usahanya Reviewed by OG Indonesia on 22.04 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.