Kepala BP2MI Mengutuk Keras Penyiksaan PMI Mei Harianti di Malaysia


Depok, OG Indonesia --
Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) merespon penyiksaan kepada PMI atas nama Mei Harianti, 26 tahun, yang bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) di Malaysia. 

Kepala BP2MI Benny Ramdhani mengutuk penyiksaan yang menimpa PMI kelahiran Cirebon yang bekerja pada pelaku penyiksaan selama 13 bulan. Benny meminta agar KBRI di Malaysia menggunakan kekuasaan diplomatiknya untuk melakukan pendampingan dan upaya hukum agar korban mendapatkan keadilan.

Mei Herianti lahir 7 Mei 1994, ia telah bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) dengan nomor Passpor AU666196. Mei Herianti  diberangkatkan secara prosedural melalui  proses  di UPT  BP3MI Jakarta dan mempunyai Kartu  Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN). 

Pada November 2020 Polisi diraja Malaysia (PDRM)  melakukan operasi penggerebekan sebuah rumah beralamat di Nomor 23 Jalan J Taman Batu 52000 Kuala Lumpur. Tujuan penggerebekan adalah untuk menyelamatkan seorang PLRT  bernama Mei Haryanti yang diduga disiksa oleh majikannya secara keji.

Operasi didasari laporan Tenaganita Petaling yang berkoordinasi dengan KBRI Kuala Lumpur setelah Tenaganita menerima aduan masyarakat sekitar yang melihat korban dibiarkan tidur di teras oleh majikan di dalam kondisi yang mengenaskan. Saat ini korban masih dirawat di Rumah Sakit Kuala Lumpur karena kondisinya yang cukup memprihatinkan.

"BP2MI  dan KBRI akan terus melakukan pendampingan proses hukum kasus ini untuk memastikan pelaku mendapatkan hukuman yang setimpal sekaligus perlindungan terhadap korban," tegas Benny.

Buntut dari kasus tersebut, PDRM  telah menangkap dua tersangka majikan suami istri bernama Lim Sore (P) dan Tuan Ann (L). Keduanya tercatat beralamat  di B 11 7 Blok B  Casa Magna  Jalan Prima 10 Metro Prima Kepong 52100 Kuala Lumpur.

Atas kejadian ini, Kepala BP2MI meminta Menaker meninjau ulang MoU dengan Malaysia yang sudah berakhir sejak 2016, dan bersama-sama BP2MI untuk meninjau penempatan PMI ke Negara penempatan Malaysia. Ini disebabkan karena Malaysia belum secara utuh memberikan pelindungan kepada PMI.

"Adanya kasus yang baru-baru ini terjadi yaitu penyiksaan kepada seorang PMI di Malaysia oleh sepasang majikan yang mendera secara keji PMI  hingga seluruh badan, telah membuktikan bahwa ini adalah pelanggaran berat," jelas Benny dalam silaturahmi Nasional bersama Perusahan Penempatan Pekerja Migran (P3MI) di Depok, Kamis (26/11/2020).

Benny mengecam keras dan meminta tidak boleh lagi terjadi kasus-kasus serupa menimpa para PMI. Ia mengingatkan bahwa pesan Presiden sudah sangat jelas, yaitu memberikan pelindungan kepada PMI dari ujung rambut sampai ujung kaki. 

"Ini mengandung makna yang sangat dalam, saya selalu katakan  PMI adalah pejuang, mereka adalah  pahlawan devisa dan pahlawan bagi keluarganya," ujarnya. "Perlakuan keji ini sudah melukai perasaan kita sebagai sebuah bangsa dan merupakan penghinaan bagi negara kita," sambungnya.

Untuk antisipasi peninjauan penempatan PMI di Malaysia, BP2MI akan meminta kepada Menteri BUMN untuk mengalokasikan pekerja PMI yang ada di Malaysia yang banyak bekerja di sektor perkebunan untuk dapat bekerja di PTPN. Selain itu, untuk pekerja di sektor konstruksi juga dapat dimaksimalkan bekerja di perusahaan BUMN sektor konstruksi seperti Wika, PP, Adhikarya dan Hutama Karya, dan lain-lain. 


Kepala BP2MI Mengutuk Keras Penyiksaan PMI Mei Harianti di Malaysia Kepala BP2MI Mengutuk Keras Penyiksaan PMI Mei Harianti di Malaysia Reviewed by OG Indonesia on Kamis, November 26, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.