PIS Berkomitmen Jalankan Operasi Andal dan Tingkatkan TKDN


Jakarta, OG Indonesia --
PT Pertamina International Shipping (PIS) sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero) terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan untuk Energi Indonesia. Dalam mewujudkan komitmen tersebut, PIS baru saja melaksanakan rapat koordinasi pada, Kamis (25/3/2021) yang bertujuan untuk menyelaraskan langkah seluruh organ di PIS agar dapat bergerak maju dalam harmoni untuk mencapai tujuan dan menjaga bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

Salah satu program unggulan Direktorat Operasi PIS adalah pelaksanaan program Integrated Tonnage Management, yang merupakan program untuk mengintegrasikan seluruh kapal yang dioperasikan untuk melayani kebutuhan pengangkutan Domestik  dan Internasional baik Captive Market maupun Non Captive Market.

“Program ini diharapkan dapat mendukung peningkatan revenue serta profit perusahaan, dan juga sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan TKDN. Saya sangat yakin dan percaya, bahwa seluruh Perwira Pertamina khususnya Perwira Milenial Direktorat Operasi akan siap dan mampu menghadapi tantangan-tantangan tersebut,” ujar Arief Kurnia Risdianto, Direktur Operasi Pertamina International Shipping.

Selain meningkatkan operasional yang handal dengan 4 PIlar Utama sebagai pondasi operasional yaitu comply terhadap Standard International, Marine Safety & Security, Standard Performance yang tinggi, operasi yang efisien serta digitalisasi, PIS juga terus berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang salah satunya dengan meningkatkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). 

Komitmen ini sejalan dengan visi dari PIS yaitu sebagai perusahaan shipping terkemuka di Asia, mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang juga dituangkan dalam misi sebagai agen pembangunan ekonomi Indonesia. Tujuan peningkatan penggunaan produk dalam negeri di lingkungan Pertamina Grup adalah untuk memberdayakan industri dalam negeri.

Pada tahun 2020, nilai TKDN PIS mencapai 40,42%. Nilai tersebut terdiri atas 20 unit kapal yang telah dibangun di 4 galangan dalam negeri, di mana hal ini telah melebihi nilai minimum yang harus dipenuhi yaitu 30 persen. 

“Kami ingin terus berupaya untuk meningkatkan penggunaan barang serta jasa dari Indonesia dengan cara memberdayakan produk-produk dalam negeri serta mengurangi penggunaan barang-barang impor, seperti penggunaan kapal-kapal berbendera Indonesia, yang dimiliki oleh perusahaan pelayaran nasional Indonesia, serta diawaki oleh orang Indonesia," tegasnya.

"Tentunya kami ingin meningkatkan nilai TKDN secara konsisten. Harapannya adalah agar perekonomian Indonesia semakin baik,” pungkas Arif. R3

PIS Berkomitmen Jalankan Operasi Andal dan Tingkatkan TKDN PIS Berkomitmen Jalankan Operasi Andal dan Tingkatkan TKDN Reviewed by OG Indonesia on Sabtu, Maret 27, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.