Investigasi Kebakaran di Kilang Balongan, Lembaga Internasional Dilibatkan


Indramayu, OG Indonesia --
Pemerintah masih melakukan investigasi penyebab kebakaran tangki BBM T-301 di area Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, yang terjadi pada Senin (29/3/2021) dinihari. Dalam penyelidikan ini, Pemerintah juga melibatkan lembaga internasional.

"Penyebab kecelakaan meledaknya tangki ini masih dalam proses investigasi yang dilakukan oleh internal Pertamina dan pihak-pihak eksternal. Termasuk juga kita ingin mendapatkan kajian dari instansi internasional yang menangani bidang kecelakaan kerja seperti yang terjadi sekarang ini," ungkap Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam konferensi pers usai meninjau Kilang Pertamina Balongan, Indramayu, Sabtu (3/4/2021) siang. Dalam peninjauan ini, Menteri ESDM didampingi Dirjen Migas Tutuka Ariadji, Bupati Indramayu Nina Agustina dan Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Investigasi terhadap penyebab terjadinya kebakaran di empat tangki BBM di Kilang Balongan tersebut, menurut Menteri ESDM, masih memerlukan penyelidikan yang lebih mendalam. Meski data-data awal telah diperoleh, namun belum dapat menjadi dasar untuk memutuskan penyebab terjadinya kebakaran. "Memang ada data-data awal, tapi kita tidak bisa menjustifikasi langsung. Itu butuh proses karena ada (penyebab) yang terlihat langsung, ada yang tidak terlihat langsung," ucapnya.

Untuk menghindari kejadian serupa di kemudian hari, Menteri ESDM meminta Pertamina untuk mengevaluasi sistem keamanan kilang-kilangnya. "Kami minta segera dilakukan evaluasi dan segera melakukan langkah-langkah pemasangan instalasi-instalasi unit pengaman, sesuai dengan standar-standar internasiomal yang berlaku, juga teknologi-teknologi baru yang saat ini dipakai pada industri sejenis," papar  Arifin.

Perusahaan pelat merah itu juga diminta untuk meningkatkan komunikasi dengan masyarakat sekitarnya. Sehingga apabila terdapat indikasi peristiwa yang bisa membahayakan, dapat langsung diinformasikan kepada masyarakat setempat untuk dilakukan persiapan lebih dini demi menjaga keselamatan masing-masing. "Kita berdoa agar hal ini tidak terulang lagi ke depan dan langkah-langkah yang kita lakukan ini dapat dimudahkan," harapnya. R3

Investigasi Kebakaran di Kilang Balongan, Lembaga Internasional Dilibatkan Investigasi Kebakaran di Kilang Balongan, Lembaga Internasional Dilibatkan Reviewed by OG Indonesia on Senin, April 05, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.