SKK Migas dan ITS Kerja Sama Peningkatan Nilai Tambah Hulu Migas


Surabaya, OG Indonesia --
SKK Migas terus melakukan berbagai upaya agar produksi dan nilai tambah hulu migas dapat ditingkatkan. Salah satunya adalah upaya meningkatkan keekonomian suatu lapangan migas melalui penerapan teknologi maupun hilirasi menjadi produk pada lapangan marginal yang jauh dari fasilitas pengolahan, sehingga lapangan tersebut belum bisa dimonetisasi.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, SKK Migas terus menggandeng berbagai instansi yang memiliki kompetensi dan keahlian, termasuk di dalamnya adalah perguruan tinggi. Bertempat di kampus ITS, Surabaya, pada hari Selasa, 6 April 2021, SKK Migas dan ITS menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat. MoU ditandatangani Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan Rektor ITS Mochamad Ashari. Turut mendampingi pada kegiatan tersebut Hudi D. Suryodipuro, Kepala Divisi SDM SKK Migas merangkap Plt. Kepala Divisi SDMSOM SKK Migas dan Nurwahidi, Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa.

Melalui MoU ini diharapkan kemampuan, keahlian, perlengkapan, sarana prasarana laboratorium serta kompetensi yang dimiliki ITS dapat mendukung upaya peningkatan produksi migas nasional, serta dapat pula berkontribusi dalam upaya peningkatan kapabilitas SDM hulu migas nasional. Terlebih pemerintah telah merubah paradigma hulu migas yang tidak lagi hanya sebagai sumber penerimaan negara, tetapi telah melangkah lebih strategis lagi yaitu sebagai modal pembangunan.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan tantangan industri hulu migas terus meningkat, termasuk di dalamnya pergeseran penggunaan energi yang akan mengarah pada energi baru dan terbarukan (EBT). Namun demikian, Kepala SKK Migas menyampaikan bahwa meskipun secara prosentase penggunaan migas pada bauran energi nasional menurun tetapi secara volume justru meningkat. 

“Jika saat ini kebutuhan minyak sebesar 1,6 juta barel per hari, maka kebutuhan minyak tahun 2050 menurut rencana umum energi nasional (RUEN) justru meningkat menjadi 3,9 juta barel. Dapat dibayangkan jika produksi migas nasional tidak ditingkatkan, maka akan ada gap yang sangat besar, yang jika solusinya adalah impor, maka tentu sangat membebani keuangan nasional dan menjadi penghambat bagi pertumbuhan ekonomi," beber Dwi.

Untuk itu, diuraikan Dwi, SKK Migas telah mencanangkan peningkatan produksi minyak 1 juta barel dan gas 12 BSCFD di tahun 2030 dari rata-rata produksi saat ini yang sekitar 700 ribuan barel minyak. "Tentu saja merealisasikan target 2030 ini adalah pekerjaan yang sangat berat, namun harus dilakukan karena jika target ini tidak tercapai dapat dibayangkan beban negara dimasa yang akan datang,” kata Dwi.

Di tengah persaingan antar negara yang sangat ketat dalam menarik investasi hulu migas, potensi hulu migas Indonesia juga telah bergeser dari wilayah barat ke wilayah timur yang masih minim infrastruktur dan sebagian berada di laut dalam dengan risiko yang lebih tinggi dan kebutuhan investasi yang sangat besar.

“Kami bersyukur Pemerintah telah mulai memberikan insentif, termasuk split yang lebih fleksibel yang saat ini sudah dilihat dari potensi dan tantangan per wilayah kerja hulu migas. Untuk lapangan marginal dan jauh dari infrastruktur pengolahan, SKK Migas dan KKKS mulai mengimplementasikan monetisasi lapangan yang menghasilkan gas dengan mengolah menjadi produk melalui mini LNG dan lainnya seperti yang sedang dilakukan di WK Simenggaris, Kalimantan," jelasnya.

Kepala SKK Migas menyampaikan pula tantangan maupun perubahan potensi migas di Indonesia yang saat ini dan ke depannya akan lebih dominan gas dibandingkan minyak. Salah satu tantangannya adalah di blok migas yang memiliki kandungan gas sangat besar seperti Natuna memiliki kandungan CO2 yang sangat tinggi sekitar 70%. Begitu pula di wilayah kerja EMCL yang belum diproduksi yang memiliki potensi gas dengan kandungan CO2 antara 20%-30%. "Penanganan CO2, selain kebutuhan korporasi, juga tuntutan dari negara asal yang sudah menandatangani penurunan emisi," tegas Dwi.

Sementara itu Rektor ITS menyampaikan bahwa ITS telah memiliki wadah untuk dapat bekerja sama dengan instansi lain, baik kerja sama dalam kerangka komersial maupun non komersial. “Mencermati apa yang disampaikan Kepala SKK Migas mengenai potensi hulu migas dan tantangannya, saat ini ITS memiliki 10 pusat keunggulan termasuk di dalamnya adalah artificial intelligence, robotic, energi, iptek dan lainnya," terang Ashari.

Melalui keunggulan ini, lanjut Ashari, ITS siap untuk bekerja sama dengan SKK Migas dan menjadi bagian dalam perjuangan meningkatkan produksi migas nasional dan meningkatkan daya saing dengan implementasi teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi biaya. "Melalui penerapan revolusi industry 4.0, maka upaya untuk menjadikan hulu migas yang ramah lingkungan menjadi lebih mudah diwujudkan," pungkasnya. R1


SKK Migas dan ITS Kerja Sama Peningkatan Nilai Tambah Hulu Migas SKK Migas dan ITS Kerja Sama Peningkatan Nilai Tambah Hulu Migas Reviewed by OG Indonesia on Kamis, April 08, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.