SKK Migas Klaim Percepatan Resource to Production Mulai Membuahkan Hasil

Benny Lubiantara, 
Deputi Perencanaan SKK Migas.

Jakarta, OG Indonesia --
 Pihak SKK Migas menyampaikan, langkah SKK Migas untuk mempercepat monetisasi potensi produksi dan percepatan program resource to production melalui surat edaran SKK Migas di tahun 2020 mulai membuahkan hasil positif. 

Saat ini sudah teridentifikasi dan disetujui sebanyak 65 pekerjaan yang terdiri dari 23 sumur pengeboran dan 42 workover yang akan dikerjakan di tahun 2021 dan 2022 dengan perkiraan potensi produksi sebesar 14 MMBOE. Realisasi sampai dengan semester 1 2021 adalah sebanyak 6 pekerjaan workover dengan tambahan produksi gas sebesar 12,4 MMCFD.

Surat edaran SKK Migas No: EDR – 0633/SKKMA0000/2020/S1 tanggal 2 November 2020 ini terkait dengan percepatan produksi dari sumur interfiled/nearfield dan sumur step-out, sumur yang melebihi jumlah sumur di POD, serta percepatan produksi dari non-production zone. 

Melalui mekanisme surat ini, maka KKKS dapat mengimplementasikan usaha-usaha percepatan produksi sesuai dengan kaidah keteknikan yang baik (good engineering practices) dan tanpa mengurangi sedikitpun atau menghilangkan pengawasan oleh SKK Migas. SKK Migas tetap melakukan evaluasi menyeluruh melalui pembahasan teknis subsurface, operasional, biaya dan keekonomian terhadap usulan KKKS yang akan melakukan kegiatan tersebut. Kontraktor KKS juga harus mengajukan Authorization of Expenditure (AFE).

“Sampai Juli 2021, implementasi surat edaran tersebut berhasil mendorong KKKS untuk melakukan optimasi dan monetisasi sumur interfield/nearfield dan sumur step-out, sumur yang melebihi jumlah sumur di Plan of Development (POD) serta percepatan produksi dari non-producing zone dengan telah disetujuinya 65 pekerjaan sumur pemboran dan workover yang berpotensi menambah produksi sekitar 14 MMBO EUR,” kata Deputi Perencanaan SKK Migas Benny Lubiantara di Jakarta, Selasa (10/8/2021).

“Ini langkah yang mampu menjadi enabler dan mendukung implementasi transformasi Indonesia Oil and Gas 4.0 sebagai pondasi untuk meningkatkan produksi migas secara berkelanjutan untuk mewujudkan target 2030 yaitu produksi minyak 1 juta barel dan gas 12 BSCFD,” kata Benny.

Lebih lanjut, Benny menyampaikan bahwa SKK Migas terus melakukan koordinasi dengan KKKS untuk potensi tambahan dimasa yang akan datang. “Tentu saja, SKK Migas melihat masih ada potensi sumur step-out, sumur interfields/nearfield dan non-produce zone," terangnya.

SKK Migas sendiri menurut Benny terus melakukan upaya-upaya lain untuk menjaga produksi minyak dan gas agar mencapai target yang telah ditetapkan. Semisal di pengeboran sumur yang meskipun jumlah sumur tajak di 2021 diperkirakan belum bisa mencapai target, tetapi efektifitas dari hasil pemboran melampaui target. 

“Per Juli 2021 capaian tambahan produksi sudah mencapai 104%, dari perkiraan pemboran sumur akan menghasilkan tambahan produksi sebesar 21.118 BOPD, realisasinya lebih besar yaitu 21.965 BOPD,” ujar Benny.

“SKK Migas dan KKKS terus melakukan koordinasi dan diskusi dengan KKKS untuk mencari peluang implementasinya, kami berharap keberhasilan di atas akan mendorong KKKS yang lain untuk melakukan optimasi di wilayah kerjanya sehubungan dengan kemudahan yang telah diberikan oleh SKK Migas tersebut di atas, yang dapat mempersingkat upaya penambahan produksi di KKKS," pungkasnya. R1


SKK Migas Klaim Percepatan Resource to Production Mulai Membuahkan Hasil SKK Migas Klaim Percepatan Resource to Production Mulai Membuahkan Hasil Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Agustus 10, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.