Sah! Menteri BUMN Resmikan 6 Subholding Pertamina Group


Jakarta, OG Indonesia --
Setelah melalui proses transformasi dan restrukturisasi di tubuh Pertamina, Menteri BUMN Erick Thohir pada hari ini, Jumat (10/9/2021), akhirnya meresmikan 6 Subholding Pertamina Group. Dengan peresmian tersebut menandai era baru Pertamina dengan struktur Holding dan Subholding yang diharapkan dapat membawa Pertamina menjadi perusahaan kelas dunia.

Enam Subholding tersebut adalah Upstream Subholding, Refining & Petrochemical Subholding, Commercial & Trading Subholding, Gas Subholding, Power & NRE Subholding, serta Integrated Marine Logistics Subholding.

Menteri BUMN menyampaikan arahan dari Presiden Joko Widodo terkait pembentukan Subholding di Pertamina Group ini. Pertama, Presiden Jokowi mengharapkan Pertamina terus meningkatkan pelayanan publik.

Kedua, Presiden juga meminta agar Pertamina tetap membangun ekosistem supaya Pertamina bisa bersaing dengan perusahaan lain. "Dan juga (Pertamina harus bisa) memastikan bagaimana Pertamina bisa mendorong value added yang selama ini belum maksimal," ucap Erick dalam sambutannya.

Dan yang terakhir, Presiden juga berpesan kepada Pertamina agar turut menekan current account deficit yang selama ini sangat memberatkan keuangan negara. 

Menteri BUMN sendiri menegaskan bahwa dirinya tetap memastikan agar Pertamina tetap sejalan dengan Key Performance Indicator (KPI) yang ada di lingkungan Kementerian BUMN. "Mohon itu dijaga," pesan Erick.

Pertama, Pertamina harus bisa menyeimbangkan peran sebagai korporasi dan pelayan publik. Kedua, Pertamina harus kembali kepada core business tetapi menjadi excellence. Ketiga, menjalankan digitalization, research and development yang sekarang menjadi kunci sebab dunia perlu inovasi.

Keempat, Pertamina jangan lagi melihat project base semata dan tidak melihat business process. "Pertamina tidak bisa menggantungkan seperti dulu lagi. Karena itu transformasi sub-sub holding ini harus bisa berjalan dengan seksama dan harus benar-benar kongkrit," ujar Erick.

"Dan saya ingin mengajak kepada direksi, komisaris, seluruh staf/pegawai Pertamina (untuk) buktikan kepada dunia, Indonesia juga bisa punya perusahaan yang valuasinya 100 billion (US$ 100 miliar)," jelas Erick. RH

Sah! Menteri BUMN Resmikan 6 Subholding Pertamina Group Sah! Menteri BUMN Resmikan 6 Subholding Pertamina Group Reviewed by OG Indonesia on Jumat, September 10, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.