Indika Energy Group Tanam 21.000 Mangrove


Paser, OG Indonesia --
Dalam rangka hari jadinya yang ke-21 pada tanggal 19 Oktober 2021, 
perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk. melakukan penanaman 21.000 mangrove di area seluas lebih dari 4 hektar di sekitar wilayah operasional perusahaan yang meliputi Paser dan Kariangau (Kalimantan Timur), Katingan (Kalimantan Tengah), Cilegon (Jawa Barat), dan Sorong (Papua Barat). 

Dengan melibatkan masyarakat dan kelompok usaha bersama setempat, upaya ini sejalan dengan tekad Indika Energy untuk menjaga dan memulihkan ekosistem di wilayah pesisir, serta komitmen perusahaan untuk mencapai netral karbon di tahun 2050.

“Keberlanjutan merupakan tujuan dan elemen inti dari hal-hal yang dilakukan Indika Energy. Kami ingin memastikan kegiatan usaha, pemberdayaan masyarakat, dan konservasi lingkungan dapat berjalan selaras dengan niat kami untuk memberikan energi kepada bangsa Indonesia demi masa depan yang berkelanjutan,” tutur Azis Armand, Wakil Direktur Utama dan CEO Group Indika Energy saat kegiatan penanaman mangrove, Senin (11/10) di Desa Pondong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Turut hadir dalam kegiatan penanaman, Isran Noor, Gubernur Kalimantan Timur, yang mengapresiasi kedisiplinan dan komitmen Indika Energy Group dalam menjaga lahan dan mengurangi emisi karbon. “Hal ini merupakan sebuah kontribusi besar terhadap penurunan emisi gas nasional maupun global,” ucap Isran.

Indika Energy juga ingin memastikan bahwa mangrove tidak hanya sekedar ditanam, tetapi juga dirawat dan direhabilitasi sehingga abrasi air laut bisa dicegah, emisi karbon bisa lebih banyak diserap, serta biota di sekitar pesisir bisa menjadi lebih seimbang dan lestari.

Indonesia memiliki hutan mangrove terluas di dunia, yaitu sekitar 3,5 juta hektar. Meski demikian, berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diperoleh OG Indonesia, tercatat lebih dari 40 persen hutan mangrove Indonesia dalam kondisi rusak. Penanaman mangrove ini dilakukan Indika Energy Group sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan mengurangi emisi karbon.

Selain di Desa Pondong, penanaman mangrove juga dilakukan secara bertahap oleh anak-anak usaha Indika Energy Group seperti Multi Tambangjaya Utama (MUTU), Petrosea, Tripatra, dan Interport di sekitar wilayah operasional masing-masing. 

Pada Kamis (7/10/2021), MUTU telah melakukan penanaman mangrove di wilayah pesisir Pulau Damar, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Sebanyak 2.000 batang bibit mangrove ditanam pada area seluas 0,6 hektar.

Azis menekankan bahwa Indika Energy akan terus mengutamakan aspek keberlanjutan, serta berkolaborasi dengan berbagai pihak, menuju Indonesia yang lebih lestari. 

“Indika Energy berupaya untuk konsisten dengan komitmennya untuk mengurangi eksposur perusahaan terhadap batubara dan menargetkan untuk mencapai 50% pendapatan dari sektor non batubara pada tahun 2025. Indika Energy juga menargetkan dapat menjadi perusahaan yang netral karbon pada tahun 2050,” ujar Azis. 

Menuju masa depan yang berkelanjutan tentunya butuh peran dari setiap elemen masyarakat. Sebagai rangkaian dari hari jadinya, pada tanggal 19 Oktober 2021, Indika Energy juga akan menggelar INDY Fest 2021 – sebuah festival virtual bertemakan “Net-Zero Emissions” yang membahas tentang isu perubahan iklim dan komitmen bersama untuk mencapai netral karbon. 

Sesi ini diharapkan dapat menghasilkan pembahasan yang produktif, memberi inspirasi, dan mengajak peran serta masyarakat untuk berkontribusi terhadap konservasi lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. R2

Indika Energy Group Tanam 21.000 Mangrove Indika Energy Group Tanam 21.000 Mangrove Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Oktober 12, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.