Aspebindo Dorong Anggota Amankan Pasokan Batu Bara Dalam Negeri

Foto: Hrp

Jakarta, OG Indonesia --
Harga batu bara benar-benar tak terhentikan alias unstoppable. Pada perdagangan di pasar ICE Newcastle (Australia) pada Selasa (5/10/2021) lalu, harga batu bara ditutup pada level US$ 280 per ton, melonjak 12,45% dibandingkan hari sebelumnya, sekaligus menjadi rekor tertinggi setidaknya sejak 2008.

Berdasarkan data Minerba One Data Indonesia (MODI) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), realisasi penerimaan negara dari sektor pertambangan mineral dan batu bara hingga hari ini, Rabu (6/10/2021), tercatat telah menembus Rp 49,84 triliun.

Jumlah penerimaan ini bahkan telah melampaui target satu tahun penuh yang direncanakan sebesar Rp 39,1 triliun. Artinya, realisasi penerimaan negara dari sektor pertambangan minerba telah mencapai 127,45% dari target tahun ini.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Batu Bara dan Energi Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira, menyampaikan bahwa dengan terus melejitnya harga batu bara dalam perdagangan dunia ini maka harus tetap diperhatikan pasokan untuk kebutuhan dalam negeri.

“Harga batu bara saat ini masuk dalam harga tertinggi dalam 1 dekade, hal ini tentu menjadi sangat menggiurkan bagi kami para pemasok batu bara namun ini bisa berdampak buruk jika kita tidak mengamankan kebutuhan negeri kita sendiri,” kata Anggawira pada Sabtu (9/10/2021).

Anggawira menambahkan agar Kementerian ESDM bisa saling berkolaborasi dengan ASPEBINDO mengingat total penerimaan negara dari sektor minerba saar ini mencapai sekitar 75-80% berasal dari batu bara saja.

"Tidak menampik bahwa pemasok batu bara mendapat keuntungan dengan naiknya harga batu bara, namun jika hanya memikirkan laba pengusaha batu bara bisa saja menjual ke luar Indonesia. Hal ini yang perlu menjadi perhatian untuk para pengusaha pemasok batu bara dan juga Kementerian agar kebutuhan dalam negeri untuk kebutuhan pasokan PLN," tegas Anggawira.

Terakhir Anggawira mengatakan bahwa momentum ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk para pengusaha pemasok batu bara dan juga pemerintah agar bisa memaksimalkan penerimaan negara. Ia juga mengingatkan agar jangan sampai PLN kesulitan untuk mendapatkan pasokan batu bara. R2

Aspebindo Dorong Anggota Amankan Pasokan Batu Bara Dalam Negeri Aspebindo Dorong Anggota Amankan Pasokan Batu Bara Dalam Negeri Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Oktober 12, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.