Nelayan Anambas Sukses Kembangkan Bisnis Kerapu dengan Omzet Miliaran Rupiah

Azianto, nelayan Anambas, berdialog dengan Kepala SKK MIGAS Dwi Soetjipto  di acara Kapasitas Nasional 2021, Kamis (21/10) di Jakarta.

Jakarta, OG Indonesia --
Azianto, nelayan binaan Medco E&P Natuna Ltd. (Medco E&P) bersemangat menyampaikan keberhasilan Program Keramba Jaring Apung (KJA) kepada Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. 

Berkat program pengembangan masyarakat dari Medco E&P, pendapatan Azianto dan nelayan lain di sana mengalami peningkatan bahkan produksi ikan kerapunya dibeli negara tetangga.

Azianto berasal dari Kepulauan Anambas, hadir di ajang Forum Kapasitas Nasional 2021 di Jakarta, memamerkan kesuksesan bisnis kerapu di acara yang berlangsung Kamis (21/10) – Jumat (22/10) ini. 

Sebanyak 11 Perusahaan dan 14 UMKM binaan CSR dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama hadir dalam Forum ini. Azianto tampil mewakili UMKM Balai Benih Ikan dari Kabupaten Kepulauan Anambas.

Azianto didampingi VP Supply Chain Management Medco E&P Kenneth Gunawan dan CSR Officer Fahmi Abdillah menjelaskan bahwa saat ini program KJA telah berkembang menjadi Balai Benih Ikan di Anambas. 

Sebelumnya mereka merupakan nelayan harian yang tergantung akan kondisi laut. Namun, melalui Balai Benih Ikan, dalam tujuh tahun terakhir balai tersebut telah mendistribusikan sebanyak 185.263 benih ikan kerapu dengan omzet senilai Rp4,8 miliar. 

“Lokasi Anambas yang strategis mempermudah pembeli dari luar negeri, salah satunya dari Hongkong untuk membeli ikan kerapu budidaya dari nelayan. Kondisi pemasaran ini mendorong masyarakat untuk melakukan budidaya ikan kerapu,” ujar Azianto. RH

Nelayan Anambas Sukses Kembangkan Bisnis Kerapu dengan Omzet Miliaran Rupiah Nelayan Anambas Sukses Kembangkan Bisnis Kerapu dengan Omzet Miliaran Rupiah Reviewed by Ridwan Harahap on Sabtu, Oktober 23, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.