Sub Holding Gas Pertamina Latih Masyarakat Cilamaya Tanggap Bencana


Karawang, OG Indonesia --
PT Perusahaan Gas Negara Tbk sebagai Sub Holding Gas Pertamina melalui salah satu anak usahanya yaitu PT Pertamina Gas Operation West Java Area (Pertagas OWJA) menyelenggarakan Pelatihan Tanggap Bencana di Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan, Karawang, Jawa Barat. Kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan untuk menjaga dan meningkatkan kesiapan masyarakat terhadap bencana.  

Elok Riani Ariza, Manager Communication Relation & CSR Pertagas, mengatakan Pertagas berharap dengan diselenggarakannya pelatihan tanggap bencana, masyarakat Desa Cilamaya dapat lebih terlatih utamanya dalam penanganan pertama pada saat terjadi bencana banjir. 

“Kami  berharap melalui pelatihan ini masyarakat menjadi lebih memahami langkah apa saja yang harus dilakukan pada saat terjadi bencana banjir sekaligus membuka komunikasi dengan BPBD Karawang sehingga kemudian dapat ditindaklanjuti upaya-upaya preventif terhadap bencana yang terjadi di Desa Cilamaya," ujar Elok, Jumat (15/10/2021). 

Pelatihan Tanggap Bencana merupakan kolaborasi antara Pertagas OWJA, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang serta Pemerintah Desa Cilamaya.

Sebanyak 20 orang kader Desa Cilamaya yang terdiri dari perwakilan RT, RW, Kepala Dusun dan Kepala Desa mengikuti Pelatihan Tanggap Bencana Banjir yang digelar pada Jumat (8/10/2021). 

Bencana banjir merupakan bencana yang hampir setiap tahun melanda Desa Cilamaya dan sekitarnya. Banjir disebabkan bukan karena tingginya curah hujan, namun karena limpahan atau kiriman dari wilayah lain. 

Kegiatan pelatihan dilakukan dengan dua sesi yakni sesi materi yang disampaikan di Aula Kantor Desa Cilamaya dan sesi praktik dilaksanakan di Danau Distrik Cilamaya Pertagas OWJA. Hadir Sekretaris BPBD Karawang Supriatna sebagai narasumber dan pelatih utama.

Selain pelatihan Tanggap Bencana Banjir, pada kesempatan yang sama Pertagas OWJA juga menyerahkan bantuan berupa perahu karet dan pelampung yang diterima langsung oleh Ali Hamidi selaku Kepala Desa Cilamaya. 

Ali Hamidi menyampaikan bahwa bantuan dari Pertagas OWJA adalah apa yang dibutuhkan oleh Desa Cilamaya. "Pertagas banyak berkolaborasi dan bekerjasama dengan Desa Cilamaya. Pemberian materi terkait tanggap bencana darurat dan perahu karet adalah hal yang kami perlukan, karena setiap tahun Desa Cilamaya rawan Banjir," kata Ali.

Sementara Supriatna, Sekretaris BPBD Karawang, mengatakan yang dilakukan oleh Pertagas OWJA melalui pelatihan dan sosialisasi tanggap bencana banjir serta pemberian bantuan perahu karet dan pelampung adalah hal yang tepat mengingat potensi bencana banjir di Desa Cilamaya. RH

Sub Holding Gas Pertamina Latih Masyarakat Cilamaya Tanggap Bencana  Sub Holding Gas Pertamina Latih Masyarakat Cilamaya Tanggap Bencana Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Oktober 15, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.