Thorcon Gandeng UGM dalam Persiapan Bangun PLTT di Indonesia


Jakarta, OG Indonesia --
PT Thorcon Power Indonesia dan Universitas Gadjah Mada (UGM) menandatangani Nota Kesepahaman terkait kerja sama Litbang Iptek Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir berbasis Thorium (PLTT) pada Jumat (15/10/2021). 

Acara seremonial penandatanganan dilakukan di kampus UGM dan disaksikan pula secara virtual antara lain oleh pejabat terkait dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian ESDM, Kemendikbud Ristek, BRIN, hingga Bapeten.

Diketahui, Thorcon sebagai perusahaan pengembang nuklir generasi maju bermaksud mengembangkan dan membangun PLTT di Indonesia sebagai Independent Power Producer (IPP) tanpa APBN. Targetnya, harga jual listrik bisa jadi lebih bersaing dengan pembangkit listrik batubara. 

Dalam rangka penelitian, pengembangan serta persiapan implementasi, sebelumnya Thorcon telah melakukan kerja sama dengan tiga Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Melalui Nota Kesepahaman terbaru dengan UGM, Thorcon akan melakukan kerja sama di bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir khususnya teknologi Thorium Molten Salt Reactor (TMSR), serta melakukan berbagai kajian terkait lainnya dalam mendukung implementasi PLTT milik ThorCon. Termasuk partisipasi desain dan peningkatan kapasitas serta kemampuan UGM dalam penguasaan teknologi TMSR.

Kerja sama dengan UGM ini dinilai pihak Thorcon sebagai salah satu momen penting dalam pengembangan PLTT sebab UGM merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang memiliki program studi teknik nuklir sejak lebih dari 40 tahun yang lalu. 

"Kami berharap Teknik Nuklir UGM dapat berpartisipasi secara aktif sebagai technical support dalam melakukan pendampingan kepada PT Thorcon Power Indonesia pada konsultasi tahapan proses persiapan perizinan di Bapeten yang akan dilakukan dalam waktu dekat,” ucap Bob S. Effendi, Direktur Operasi PT Thorcon Power Indonesia.

Pihak UGM sendiri sangat menyambut baik kerja sama dengan Thorcon. "Diharapkan UGM dapat berperan dalam terealisasinya program pembangunan dan implementasi PLTT dari Thorcon ini,” kata Rektor UGM Panut Mulyono. RH

Thorcon Gandeng UGM dalam Persiapan Bangun PLTT di Indonesia Thorcon Gandeng UGM dalam Persiapan Bangun PLTT di Indonesia Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Oktober 15, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.