Geo Dipa Tajak Sumur Pertama untuk Pengembangan PLTP Dieng Unit 2


Dieng, OG Indonesia --
PT Geo Dipa Energi (Persero) kembali melakukan Tajak Sumur Pertama proyek pengembangan Dieng Unit 2 berapasitas 55 Megawatt (MW), dalam kegiatan “The First Spud In Well Dieng Unit 2 Project, Geothermal For Indonesia Energy Transition”, pada Rabu (24/11/2021).

GeoDipa sebelumnya telah melakukan Tajak Sumur Pertama proyek pengembangan Patuha Unit 2, Kabupaten Bandung dengan kapasitas yang sama yaitu 55 MW, di mana pengeboran dilaksanakan paralel dengan total jumlah 22 Sumur, rinciannya 12 sumur di Patuha dan 10 sumur di Dieng.

General Manager Project Management Unit Geo Dipa, Supriadinata Marza, menjelaskan bahwa 10 sumur yang akan dilaksanakan pengeboran terdiri dari 5 sumur produksi dan 5 sumur injeksi. Nantinya sumur-sumur tersebut akan menyuplai pembangkit listrik dengan kapasitas 55 MW net untuk disalurkan ke transmisi 150 kv jaringan Jawa-Bali.

“Geo Dipa telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kami selalu melakukan keterbukaan informasi,” kata Supriadinata soal pendekatan yang dilakukan Geo Dipa sebelum melaksanakan kegiatan pengeboran.

Dalam proyek pengembangan Dieng Unit 2 ini, Geo Dipa telah merekrut 53 tenaga kerja lokal dari 183 tenaga kerja dalam proyek tersebut. Jumlah tersebut akan terus bertambah sampai saat proyek pada tahap konstruksi pembangkit, di mana 30-40% tenaga kerja lokal akan dipekerjakan untuk mendukung pembangunan PLTP.

Direktur Utama Geo Dipa, Riki Firmandha Ibrahim, menyampaikan bahwa masyarakat di sekitar wilayah kerja Geo Dipa tidak perlu merasa khawatir dengan adanya proyek yang sedang berlangsung di Dieng. Menurutnya, Geo Dipa telah melaksanakan prinsip-prinsip keamanan, keselamatan kerja, dan lingkungan sesuai dengan dengan standar internasional dan nasional yang berlaku.

"Kami akan lakukan sesuai dengan standar baku industri, standar yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan ini. Proyek ini juga akan memberikan nilai tambah dengan keterlibatan masyarakat sekitar. Dengan demikian akan meningkatkan kontribusi GeoDipa bagi masyarakat, pemerintah daerah, dan juga pemerintah pusat,” jelas Riki.

Senada dengan hal tersebut, Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Banjarnegara selalu melakukan koordinasi dan komunikasi kepada Geo Dipa terkait proyek pengembangan PLTP Panas Bumi di Jawa Tengah.

Namun demikian, Syamsudin juga mengatakan bahwa pengembangan yang dilaksanakan Geo Dipa harus memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya di sekitar wilayah kerjanya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan Leadership HSSE Commitment antara Project Management Unit, Project Management Consultant, dan seluruh kontraktor pengeboran sebagai bukti bahwa GeoDipa dan kontraktor senantiasa menjaga safety sampai zero accident yaitu menjaga aspek-aspek keselamatan kerja dan lingkungan. RH

Geo Dipa Tajak Sumur Pertama untuk Pengembangan PLTP Dieng Unit 2 Geo Dipa Tajak Sumur Pertama untuk Pengembangan PLTP Dieng Unit 2 Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, November 25, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.