Ini Alasan HIPMI Desak Pembaharuan di Tubuh Pertamina dan PLN


Jakarta, OG Indonesia --
Indonesia memiliki kekuatan dan potensi yang besar dalam sektor energi terbarukan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan bahwa Indonesia memiliki 4.400 sungai yang besar maupun sedang yang dapat digunakan sebagai hydro power.

Jokowi juga menyampaikan dalam mendorong transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT) dibutuhkan ongkos yang mahal. Pasalnya, listrik yang diproduksi dari energi fosil masih lebih murah dari pada EBT.

Oleh sebab itu, Presiden meminta kepada semua jajarannya agar bersama-sama membuat skenario transisi energi ini. Jika bisa berjalan lebih cepat akan lebih baik, namun menurutnya hitung-hitungan di lapangan harus dikalkulasi dengan detail.

Ketua Bidang Perdagangan, Perindustrian dan ESDM Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Rama Datau menanggapi pernyataan Presiden Jokowi bahwa untuk proses EBT peran Pertamina dan PLN sangat menentukan untuk bisa berjalan dengan baik.

“Saya rasa peran Pertamina dan PLN lah yang sangat menentukan dalam proses transisi energi ini. Dan harapannya Pertamina dan PLN bisa merealisasikan investasi ini dengan baik,” ujar Rama pada Kamis (25/11/2021).

Rama menambahkan bahwa perlu adanya terobosan dari Pertamina dan PLN dalam mendorong capaian di sektor EBT. "Kemarin Pertamina dan PLN mendapat teguran yang cukup keras dari Presiden Jokowi. Jadi untuk meningkatkan kualitas kinerja Pertamina dan PLN perlu ada terobosan dalam pembaharuan struktur komisaris hingga direksi. Hal ini bisa menjadi langkah yang baik dalam meningkatkan kinerja para BUMN," ungkap Rama.

Ia juga mengatakan, perlu ada sosok muda yang enerjik dalam memimpin Pertamina dan PLN untuk bisa memberikan kinerja yang lebih maksimal, inovasi-inovasi yang lebih berani dalam langkah transformasi kinerjanya.

“Jika internal Pertamina dan PLN sudah menjadi lebih kuat, tidak ada yang tidak mungkin EBT di Indonesia bisa teralisasikan lebih cepat yang berdampak kepada kemajuan Indonesia dan mengoptimalkan kekuatan dan potensi agar dapat menyejahterakan masyarakat," tutup Rama. R2

Ini Alasan HIPMI Desak Pembaharuan di Tubuh Pertamina dan PLN  Ini Alasan HIPMI Desak Pembaharuan di Tubuh Pertamina dan PLN Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, November 25, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.