Komisaris Bright PLN Usulkan Batam Tuan Rumah Forum G20


Jakarta, OG Indonesia --
Komisaris PT PLN Bright Batam Rizal Calvary Marimbo mengusulkan Kota Batam layak menjadi tuan rumah pertemuan G20 pada Desember 2021 mendatang. 

“Saya kira selain Bali dan Jakarta, Kota Batam paling siap,” ujar Rizal dalam keterangannya di Batam hari ini, Senin (8/11/2021).

Rizal, yang juga merupakan Komite Investasi Kementerian Investasi/BKPM ini, mengatakan, Batam merupakan ikon investasi Indonesia di dunia internasional. Sehingga bila G20 digelar di Batam akan menghidupkan kembali brand investasi Batam di level global. 

“Dunia internasional saat ini melihat Lombok, Labuan Bajo, Bali, padahal Batam ini potensinya besar untuk menjadi kota ultra modern ke depan. Venue kita standardnya internasional. Saya kira Pak Wali Kota akan senang. Nanti saya ngobrol ke beliau,” ujar Rizal.

Sebagaimana diketahui Forum G20 terdiri dari 20 negara yaitu AS, Argentina, Brasil, Australia, Kanada, Meksiko, Turki, Indonesia, Korea Selatan, Jepang, China, Jerman, Inggris, India, Arab Saudi, Afrika Selatan, Italia, Indonesia, Prancis, Rusia, ditambah Uni Eropa. Indonesia juga menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menjadi anggota G20.

Baru-baru ini Presiden Jokowi menerima presidensi G20 sekaligus akan menjadi negara tuan rumah penyelenggaraan pertemuan G20. Untuk tahun 2022, Indonesia terpilih dan tengah mempersiapkan penyelenggaraan forum yang akan berlangsung sejak 1 Desember 2021 nanti.

Rizal mengatakan, pihaknya memastikan keandalan pelayanan listrik akan terjamin di Batam bila Forum G20 berlangsung di Batam.

Dikatakannya, akan banyak manfaat bagi Batam bila menjadi Tuan Rumah. Sebab pertemuan forum internasional itu akan menjadi sorotan lantaran membahas berbagi isu di bidang perekonomian dunia.

Dengan ditunjuknya Indonesia menjadi Presidensi G20, Presiden Joko Widodo langsung membentuk panitia nasional untuk mempersiapkan penyelenggaraannya. Namun masih belum diketahui daerah mana yang akan ditunjuk menjadi lokasi penyelenggaraan agenda internasional tersebut.

Sebagai Presidensi G20, Presiden Joko Widodo menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia, pada tanggal 27 Mei lalu. R2

Komisaris Bright PLN Usulkan Batam Tuan Rumah Forum G20 Komisaris Bright PLN Usulkan Batam Tuan Rumah Forum G20 Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, November 08, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.