Medco E&P Adakan Lomba Menulis Hulu Migas Tingkat SMA di Sumsel

Anggono Mahendrawan,
Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel.

Jakarta, OG Indonesia -- 
 Guna memberikan edukasi serta wawasan yang lebih luas terkait sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia, PT Medco E&P Indonesia dengan dukungan SKK Migas mengadakan webinar sekaligus lomba menulis tentang hulu migas untuk pelajar setingkat SMA di Sumatera Selatan. Webinar dan lomba menulis ini mengangkat tema "Hulu Migas Untuk Negeri".

Anggono Mahendrawan, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, mengatakan webinar serta lomba terkait hulu migas yang diikuti para pelajar tingkat SMA diadakan untuk mendukung program literasi pemerintah dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. 

"Hal ini selaras dengan program pendidikan yang diinisiasi oleh kontraktor kontrak kerja sama atau KKKS Medco E&P Indonesia untuk sekolah-sekolah di sekitar wilayah operasi," kata Anggono saat memberikan sambutan dalam acara webinar "Hulu Migas Untuk Negeri", Senin (8/11/2021) pagi.

Lewat kegiatan ini, Anggono mengharapkan dapat menggugah kesadaran para siswa-siswi tingkat SMA di Sumatera Selatan akan kondisi terkini yang tengah dihadapi oleh industri hulu migas. "Sehingga mereka dapat menginformasikan kondisi hulu migas lewat karya jurnalistik yang nantinya dapat dipublikasikan lewat media massa," terangnya.

Diharapkan nantinya publik atau masyarakat menjadi kian terinformasikan akan kegiatan-kegiatan hulu migas beserta efek berganda dari kegiatannya tersebut. Kegiatan lomba penulisan tentang hulu migas untuk pelajar tingkat SMA ini akan diikuti oleh sekitar 40 sekolah tingkat SMA di Sumatera Selatan dan menyasar sebanyak 240 peserta.

Muhammad Zulkifli, General Manager Medco E&P South Sumatera Region, menjelaskan lomba menulis hulu migas tingkat SMA di Sumatera Selatan ini tentunya akan kian mendekatkan apa itu hulu migas kepada pelajar SMA. "Selama ini kita bicara hulu migas itu mungkin pada tatanan teman-teman atau adik-adik di kampus, nah sekarang kita masuk ke adik-adik di SMA,"ucapnya.

Di area Sumatera bagian selatan sendiri, PT Medco E&P Indonesia memiliki lapangan migas beserta infrastruktur pipa migas yang cukup panjang dari Musi Rawas sampai dengan Plaju, sehingga stakeholder terkait juga cukup beragam. "Sehingga banyak sekali stakeholder kita atau sekolah-sekolah yang berinteraksi langsung ataupun tidak langsung dengan daerah operasi kita," tuturnya.

Dengan kondisi tersebut, Zulkifli mengatakan pentingnya pengenalan serta sosialisasi terkait kegiatan operasi hulu migas kepada masyarakat sekitar. "Dengan program kali ini (lomba menulis untuk pelajar SMA), kita ingin sejauh mana pengertian dan pemahaman adik-adik SMA tentang industri hulu migas," terangnya.

Dalam webinar "Hulu Migas Untuk Negeri" yang berlangsung hari ini, para pelajar bisa mendapatkan gambaran serta bahan untuk materi penulisan untuk kegiatan lomba, di samping pengalaman nyata di lapangan yang kerap mereka temui kala bersinggungan dengan kegiatan operasu hulu migas dalam kehidupan seharihari.

Beberapa narasumber yang menjadi pemateri dalam webinar tersebut antara lain Meylant Feirdiansyah, Staff Humas SKK Migas Sumbagsel yang membawakan materi "Tata Kelola Hulu Migas". Lalu ada Robby Wijaya, Officer Community Enhancenent PT Medco E&P Indonesia dengan materi "Bersama Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan". Dan pembicara terakhir adalah Trisno Rusli, Wakil Pimpinan Redaksi Palpres.com yang memberikan materi "Etika Pers Dalam Konvergensi Media" serta membantu memberikan teknik penulisan artikel yang menarik. RH

Medco E&P Adakan Lomba Menulis Hulu Migas Tingkat SMA di Sumsel Medco E&P Adakan Lomba Menulis Hulu Migas Tingkat SMA di Sumsel Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, November 08, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.