Teknologi Smart Retrofit Elnusa Dukung Pengelolaan Air Berbasis IoT


Bogor, OG Indonesia --
PT Elnusa Tbk (Elnusa) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina terus bergeliat melihat peluang bisnis berbasis Internet of Things (IoT) di era revolusi industri 4.0 saat ini. Elnusa bersama Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Proof of Concept (POC) Teknologi Elnusa Smart Retrofit yang dikembangkan Elnusa guna mendukung pengelolaan air di Kota Bogor, Jawa Barat pada Senin (1/11/2021).

Sebelumnya Elnusa telah menjalin kerjasama serupa dengan PERUMDA Air Minum Tirta Benteng Kota Tangerang dalam memberikan solusi teknologi IoT pengelolaan air di Kota Tangerang pada Februari 2019, serta beberapa PERUMDA lainnya dan saat ini masih berlangsung.

Elnusa mengembangkan teknologi Smart Retrofit dalam mendukung pengelolaan air yang berbasis IoT Pengembangan teknologi ini merupakan solusi untuk mengurangi tingkat kehilangan air atau non-revenue water (NRW) dari sisi non teknis dan memudahkan masyarakat dalam mengatur penggunaan air di rumah. Teknologi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pemantauan penggunaan air.

Melalui teknologi tersebut, perusahaan penyedia air dapat memantau secara real time dan online proses penyaluran air ke pelanggan sehingga dapat mengurangi ketidakakuratan pembacaan meter yang selama ini dilakukan secara konvensional. Bagi pelanggan, dengan adanya teknologi ini, mereka bisa memantau jumlah penggunaan air sekaligus melakukan evaluasi penggunaan dan perkiraan jumlah tagihannya. 

Lebih jauh lagi, data yang diperoleh dapat digunakan untuk menentukan harga dinamis berdasarkan waktu penggunaan. Terintegrasi dengan billing system. Dan terakhir dapat memprediksi pendapatan harian maupun bulanan.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dilakukan oleh Direktur Operasi merangkap Direktur Pengembangan Usaha Elnusa, Rony Hartanto bersama Direktur Utama PERUMDA Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan yang disaksikan oleh Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto dan disaksikan serta dihadiri juga oleh Direktur Utama Elnusa Ali Mundakir, VP of Business Development Elnusa, Hera Handayani serta VP of Information System Elnusa, Adi Yatama. Pertemuan ini juga dihadiri oleh jajaran Direksi PERUMDA Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor, yaitu Direktur Teknik, Ardani Yusuf dan Direktur Umum, Rivelino Rizky.

Kegiatan POC ini akan dilaksanakan selama dua bulan sejak penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama POC dilakukan. Tim Information System Elnusa yang akan menjadi tim utama dalam pengembangan Teknologi Smart Retrofit ini.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan bahwa pada era kolaborasi seperti sekarang, merupakan pilihan cerdas berkolaborasi dengan Elnusa. Ia berharap Tirta Pakuan tidak hanya berkolaborasi jangka waktu pendek, tapi ada transfer knowledge

Ia menjelaskan bahwa Tirta Pakuan punya tantangan yang cukup banyak. Mulai dari menjaga kualitas pelayanan, kebutuhan meningkatkan produksi, kebutuhan minimalisasi kebocoran air, hingga kebutuhan merapihkan data-data pencatatan penggunaan dari pelanggan. “Dan itu semua bisa di lakukan dengan cara berkolaborasi tidak saja dengan anggaran dari Tirta Pakuan atau modal dari pemerintah kota,” katanya.

Direktur Utama Elnusa, Ali Mundakir menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan sinergi antara Pemerintah Daerah melalui BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) dan Perusahaan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Pengembangan teknologi IoT yang kami lakukan merupakan kontribusi Elnusa dan afiliasinya untuk mendukung program pemerintah dalam pengendalian pengunaan air. Di samping itu meningkatkan profitability PERUMDA Air Minum. Saya yakin teknologi ini mendukung program smart city di Indonesia khususnya di Kota Bogor," paparnya.

“Teknologi ini merupakan bisnis strategis dan inovasi berkelanjutan yang dilakukan Elnusa. Elnusa berkomitmen memberikan pelayanan melalui solusi total dalam mendukung Pemerintah. Salah satunya dalam pengelolaan sumber daya air yang sekaligus memenuhi ekspektasi masyarakat, utamanya kepada perusahaan daerah. Tentu saja kami berharap bisa mendukung Program Smart City yang sedang digalakkan di Indonesia," sambung Ali.

Sementara itu, Direktur Utama PERUMDA Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan memaparkan, kolaborasi dengan Elnusa berbasis IoT bertujuan agar membaca meteran secara otomatis. Selama ini, pencatatan harus melalui foto meteran dan kirim laporan hasil bacaannya. Setelah itu, baru ditagihkan.

“Tapi nanti real time kami bisa dapat cek pemakaian di pelanggan, namun ini masih dalam bentuk konsep, kami harus buktikan bahwa teknologi tersebut kuat terhadap air, angin, debu, pencurian dan segala macam. Nah konsep ini yang akan kami coba, dan hari ini kerjasama dengan Elnusa juga dengan satu pihak lain lagi kita akan coba di sekitar 800 pelanggan kami di Kota Bogor,” tuturnya. RH

Teknologi Smart Retrofit Elnusa Dukung Pengelolaan Air Berbasis IoT Teknologi Smart Retrofit Elnusa Dukung Pengelolaan Air Berbasis IoT Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, November 02, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.