BPH Migas Kembangkan Potensi 39 Badan Usaha Gas Bumi


Jakarta, OG Indonesia --
 Sebanyak 39 badan usaha gas bumi 
yang terdiri dari Badan Usaha Pengangkutan Gas Bumi, Badan Usaha Niaga Gas Bumi dan Badan Usaha Milik Daerah sebagai Operator Jaringan Gas, mengikuti bimbingan teknis/workshop. Jumlah peserta yang terdaftar dari 39 badan usaha tersebut sebanyak 314 peserta yang dibagi ke dalam kelas-kelas sesuai dengan jadwal yang dipilih.

Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) ini diselenggarakan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi c.q Direktorat Gas Bumi bersama PPSDM Migas dari tanggal 1 November – 4 Desember 2021 di Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Cirebon. Kegiatan ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan masyarakat khususnya kepada stakeholder yang terkait dengan usaha di bidang hilir migas.

“Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian sumber daya manusia dari badan usaha-badan usaha sebagai penyelenggara kegiatan usaha hilir migas khususnya pada kegiatan usaha gas bumi melalui pipa sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam melaksanakan tugasnya," ujar Direktur Gas Bumi, Sentot Harijady BTP.

Badan usaha pun merasakan banyak manfaat yang didapatkan dengan mengikuti bimtek ini, salah satunya adalah Imam Supriyadi yang bekerja di PT Kalimantan Jawa Gas yang senang sekali dengan pelatihan yang diberikan. "Kami mendapatkan banyak sekali manfaat dalam pelatihan ini di mana kami mendapatkan pelatihan tentang pipa, tentang pompa, kompresor dan turbin juga beberapa mekanikal termasuk juga pembuatan alat angkut dan safety K3 migas," jelas Imam.

Pelatihan ini diharapkan tidak hanya semakin meningkatkan sinergitas dan kerjasama yang baik antara BPH Migas dan badan usaha hilir migas namun juga meningkatkan jejaring komunikasi antar badan usaha guna pengembangan infrastruktur pipa dalam pemanfaatan gas bumi di Indonesia, serta sebagai upaya peningkatan kompetensi SDM Badan Usaha di bidang kegiatan pengangkutan, niaga dan jaringan gas bumi.

Terdapat empat tema yang diajarkan dalam bimtek ini yaitu Bimbingan Teknis/Workshop Gas Management System, Bimbingan Teknis/Workshop Gas Metering, Bimbingan Teknis/Workshop dan Sertifikasi Teknisi Perawatan Mekanik, dan Bimbingan Teknis/Workshop dan Sertifikasi Inspektur Pipa Penyalur. R3



BPH Migas Kembangkan Potensi 39 Badan Usaha Gas Bumi BPH Migas Kembangkan Potensi 39 Badan Usaha Gas Bumi Reviewed by Ridwan Harahap on Sabtu, Desember 04, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.