Relawan Pertamina PDC Beri Trauma Healing Pengungsi Erupsi Semeru


Lumajang, OG Indonesia --
Bencana alam biasanya meninggalkan banyak dampak yang muncul selain jiwa dan harta beda. Gunung Semeru yang meletus pada 4 Desember 2021 tidak hanya berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan, tetapi juga warga yang mengungsi akibat rusaknya tempat tinggal akibat material vulkanik. Hingga saat ini sejumlah pengungsi tersebar di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. 

Di kantor Desa Pasirian Kabupaten Lumajang saja  saat ini menampung 1.846 pengungsi yang berasal dari tujuh desa di sekitar kaki Gunung Semeru. Para pengungsi tersebut, terutama para wanita dan anak-anak paling terdampak terutama oleh gangguan psikologis akibat bencana.

PT Patra Drilling Contractor (Pertamina PDC) yang hadir memberikan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru juga menerjunkan relawan terpilih untuk membantu. Bantuan diberikan dalam bentuk barang kebutuhan berupa perlengkapan ibadah, popok bayi, pakaian dalam, perlengkapan sekolah, pembalut hingga makanan ringan. Tak hanya itu, tim relawan juga melakukan trauma healing kepada anak-anak di pengungsian, yang berada di Kantor Desa Pasirian, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (22/12/2021).

Corporate Secretary Pertamina PDC, Budhi Kristianto mengatakan, untuk meringankan beban pengungsi korban erupsi Gunung Semeru, Pertamina PDC mengirimkan relawan ke  posko pengungsian. "Para  volunteer tidak hanya bertugas menyalurkan bantuan tapi juga melakukan pendekatan kepada anak-anak korban erupsi Semeru untuk memberikan trauma healing yang sangat berguna bagi pemulihan mentalnya,” ujarnya. 

Lebih lanjut Budhi mengatakan bahwa pendekatan kepada anak-anak dilakukan dengan dialihkan ke hal-hal positif dan menyenangkan. Bermain dan bercerita bersama relawan setidaknya dapat mengurangi trauma yang mereka alami.

Koordinator Posko 9 Balai Desa Pasirian, Lumajang, Jawa Timur Ervin Sudjiono mengapresiasi kegiatan Pertamina PDC ini. “Kami selaku koordinator yang ada di Posko 9 Balai Desa Pasirian mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pertamina PDC yang sudah memberikan bantuannya kepada saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Bantuan yang diberikan ini sangat berguna bagi saudara-saudara kita terutama yang saat ini menunggu relokasi karena rumah mereka yang hancur, rumah mereka yang terpendam, rumah mereka bahkan hilang tak tahu kemana arahnya. Mereka sudah tidak punya apa-apa lagi, dan kami sangat berterima kasih sekali dan bersyukur sekali ada satu perhatian dari Pertamina,” paparnya.

Pancaran bahagia telihat pada anak-anak pengungsi yang mengikuti kegiatan trauma healing di tengah-tengah tenda pengungsian. Adelia (8) salah satu anak yang berada di lokasi pengungsian merasa senang menerima bantuan perlengkapan sekolah dan paket makanan ringan. “Terima kasih Pertamina PDC, aku senang punya tas sekolah baru dan buku buat sekolah lagi," ucapnya lugu. RH


Relawan Pertamina PDC Beri Trauma Healing Pengungsi Erupsi Semeru Relawan Pertamina PDC Beri Trauma Healing Pengungsi Erupsi Semeru Reviewed by Ridwan Harahap on Sabtu, Desember 25, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.