SKK Migas: Sumber Daya Migas Tidak Akan Habis Dalam Waktu Dekat


Jakarta, OG Indonesia --
Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) optimistis bahwa sumber daya minyak dan gas bumi tidak akan habis dalam waktu dekat karena komoditas ini selalu ditemukan dan potensi yang belum tereksploitasi juga masih banyak.

Diungkapkan Julius Wiratno, Deputi Operasi SKK Migas, Indonesia sebenarnya masih memiliki banyak cekungan baik offshores maupun onshores dengan luas lebih dari 460 ribu kilometer persegi. Julius memaparkan, ada 128 cekungan yang dimiliki Indonesia, tapi yang berproduksi baru 20 cekungan.

"Ini bisa memberikan gambaran masih ada peluang di migas Indonesia dari barat sampai timur berupa offshores dan onshores," kata Julius dalam webinar berjudul 'Investasi Hulu Migas dalam Menghadapi Situasi Global dan Harga Minyak Dunia', Rabu (13/4/2022).

Berdasarkan data SKK Migas per 31 Maret 2022 terdapat sebanyak 172 contract area, 95 production contract area, dan 77 exploration contract area (termasuk dua wilayah kerja menunggu kebijakan pemerintah dan 26 wilayah kerja dalam proses terminasi).

Julius mengungkapkan saat ini ada cekungan yang sudah dilakukan pengeboran dan telah ditemukan hidrokarbon, tetapi belum dikomersialkan. Hal ini menantang karena ada istilah undeveloped discovery yang harus dikerjasamakan dari para investor dan pemerintah.

Potensi cekungan migas yang banyak itu belum detail karena masih memerlukan studi, seismik, dan penelitian lainnya. "Ini kenyataan kita bukan sebagai barang jualan, tetapi ini data yang kita punya sampai hari ini," ujar Julius.

Disampaikan Julius, SKK Migas selalu terbuka dalam proses percepatan peningkatan produksi nasional. Pasalnya, masih terdapat hambatan di lapangan seperti proses perizinan yang dapat menghambat penyelesaian proyek migas.

"Berdasarkan proses perizinan yang berbelit-belit ini fakta dan masih terjadi maka langsung datang ke SKK Migas kami akan membantu anda terkait perizinan dalam program kebijakan layanan satu pintu," tegasnya.

Dia  juga mengungkapkan bahwa sejumlah investor migas juga ada yang mendapat kendala berupa kepastian hukum, insentif, dan fleksibiltas sistem perpajakan. “Ini dampaknya membuat efek domino suplai kita lebih rendah dari yang diharapkan,” terangnya. RH

SKK Migas: Sumber Daya Migas Tidak Akan Habis Dalam Waktu Dekat SKK Migas: Sumber Daya Migas Tidak Akan Habis Dalam Waktu Dekat Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, April 13, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.