Presiden RI Joko Widodo Akan Dianugerahi Maritime Awards 2022


Jakarta, OG Indonesia -- 
International Sea Port Exhibition and Conference (ISPEC) akan menggelar ajang penganugerahan Maritime Awards 2022 guna membangkitkan kembali kejayaan maritim Indonesia.

Maritime Awards yang diselenggarakan oleh ISPEC, didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perhubungan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta beberapa pemangku kepentingan dalam rangka memperingati Hari Maritim Nasional pada tanggal 23 September 2022. 

Dalam acara penganugerahan yang akan diselenggarakan pada akhir September 2022 ini, Presiden Joko Widodo akan diberikan awards untuk kategori Ir H Djuanda Kartawidjaja Award. Penganugerahan Maritime Awards ini diberikan oleh Keluarga besar Alm. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja dan Keluarga Besar Soedarpo Sastrosatomo serta Perhimpunan Maritim Muda Nusantara. 

Ide penganugerahan ini dicetuskan oleh Yayasan Biijana Paksi Sitengsu sebagai wujud apresiasi kepada para tokoh nasional yang peduli terhadap bidang maritim. Di samping itu sebagai bentuk penghormatan kepada Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai tokoh nasional, peletak dasar-dasar hukum kelautan Indonesia, serta wujud apresiasi kepada Soedarpo Sastrosatomo, tokoh yang telah merintis dunia pelayaran di Indonesia.

Fajar Bagoes Poetranto, Ketua Panitia Pelaksana ISPEC dan Maritim Award, mengungkapkan bahwa terdapat 2 kategori utama dalam Maritime Awards ini, yaitu penghargaan Djuanda Kartawidjaja dan Soedarpo Sastrosatomo yang diberikan kepada para tokoh nasional yang berkiprah di sektor kemaritiman. Di antaranya terdapat nama Presiden Joko Widodo yang menggulirkan gagasan Poros Maritim dan Tol Laut. Selain itu, muncul pula nama Sarwono Kusumaatmadja dan Hasyim Jalal.

Selain itu, lanjut Fajar, Yayasan Biijana Paksi Sitengsu akan memberikan penghargaan khusus, Life Achievement kepada Ir. H. Djuanda Kartawidjaja dan Soedarpo Sastrosatomo atas jasa-jasanya. Fajar menjelaskan, penganugerahan Maritime Awards melibatkan sebanyak 21 dewan pakar ISPEC serta insan media sebagai bagian dari Tim Penilai dan Penyeleksi untuk award yang diberikan..

Shahandra Hanityo, kerabat dari Ir. H. Djuanda, mengatakan adanya Maritime Awards ini merupakan penghargaan dari pihak non pemerintah untuk mengingat kembali perjuangan serta legasi yang telah diperjuangkan oleh almarhum Ir. H. Djuanda.  

"Kami mengharapkan dengan adanya award ini setiap tahun orang terus mengingat tentang potensi besar maritim Indonesia, memang salah satu cikal-bakal yang diterapkan dan dicetuskan oleh H. Djuanda," katanya.

Seperti diketahui, Deklarasi Djuanda yang dicetuskan Ir. H. Djuanda pada tahun 1957 punya peran sangat penting untuk melindungi seluruh aspek maritim serta seluruh sumber daya alam yang ada di dalam laut yang ada di perairan Nusantara.. 

"Kami menyadari generasi sekarang dan selanjutnya belum familiar dengan Deklarasi Djuanda. Barangkali karena minimnya catatan sejarah yang diberikan di pelajaran sejarah," katanya.

"Maritime Awards ini kita harapkan memicu semangat generasi muda untuk kembali mempelajari dan menggali sejarah kemaritiman.Sehingga nantinya, pada tahun
2045, mereka generasi muda mampu mewujudkan kebangkitan poros maritim Indonesia," tandas Shahandra. RH
Presiden RI Joko Widodo Akan Dianugerahi Maritime Awards 2022 Presiden RI Joko Widodo Akan Dianugerahi Maritime Awards 2022 Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, Agustus 17, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.