Garap Proyek Ijen, Medco Cahaya Geothermal Teken Perjanjian Pembiayaan dengan SMI


Jakarta, OG Indonesia -- 
PT Medco Power Indonesia (Medco Power), melalui anak 
usahanya, PT Medco Cahaya Geothermal (MCG), menandatangani Perjanjian Pembiayaan dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI) untuk pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP Ijen). 

Tahap pertama pengembangan diharapkan menghasilkan 34 MW pada tahun 2025. Dengan pengembangan tersebut, MCG, perusahaan milik bersama antara Medco Power dan Ormat Technologies (Ormat) (NYSE: ORA), akan mengembangkan dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga panas bumi pertama di Jawa Timur.

Penandatanganan disaksikan oleh Harris Yahya selaku Direktur Panas Bumi Kementerian ESDM, Adi Lumakso sebagai Direktur Manajemen Pembangkitan PT PLN (Persero), Hilmi Panigoro selaku Direktur Utama MedcoEnergi, Doron Blachar CEO Ormat, serta Eka Satria Direktur Utama Medco Power dan Edwin Syahruzad Direktur Utama SMI.

“Penandatanganan ini merupakan milestone lanjutan dari strategi perubahan iklim kami untuk memperluas portofolio energi terbarukan kami,” kata Hilmi Panigoro. 

Eka Satria menambahkan, “Penandatanganan ini menunjukkan komitmen Medco Power untuk mengembangkan energi bersih dan terbarukan di Indonesia setelah selesainya PLTGU Riau sebesar 275 MW dan PLTS Sumbawa sebesar 26MWp pada tahun 2022.”

Sementara itu Daron Blachar selaku CEO Ormat mengatakan, "penandatanganan ini merupakan langkah lanjutan untuk mendukung ekonomi Indonesia menuju energi terbarukan yang bersih dan rencana jangka panjang Ormat untuk meningkatkan kehadiran di Indonesia baik sebagai pemilik pembangkit listrik maupun sebagai pemasok peralatan."

Melalui sambutannya, Edwin Syahruzad juga menyampaikan apresiasinya atas kerjasama ini, “Proyek ini merupakan milestone untuk memberikan kontribusi terhadap komitmen Indonesia terkait perubahan iklim. SMI juga berterima kasih kepada USAID SINAR atas dukungannya dalam proyek ini," ucapnya. 

Didirikan pada tahun 2004, Medco Power Indonesia adalah salah satu Independent Power Producer terkemuka di bawah grup MedcoEnergi. Beroperasi di bisnis IPP dan O&M, Medco Power memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan kapasitas lebih dari 3,1 GW di 15 lokasi di Indonesia. 

Selain mengembangkan proyek Ijen Geothermal di Jawa Timur, saat ini Medco Power juga tengah mengembangkan proyek pembangkit PV di Bali Barat dan Timur. Medco Power dimiliki sepenuhnya oleh PT Medco Energi Internasional Tbk. RH

Garap Proyek Ijen, Medco Cahaya Geothermal Teken Perjanjian Pembiayaan dengan SMI Garap Proyek Ijen, Medco Cahaya Geothermal Teken Perjanjian Pembiayaan dengan SMI Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, Januari 12, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.