PHSS Gelar Program Teaching Action dan Cahaya untuk Wilayah Pelosok di Muara Badak


Kutai Kartanegara, OG Indonesia --
PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina berkolaborasi dengan Ikatan Mahasiswa Muara Badak (IMABA) menjalankan Program Teaching Action dan Cahaya untuk Pelosok (Solar Cell) untuk sekolah di wilayah pelosok di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara pada 4-5 Februari 2023 lalu.

Teaching Action merupakan program pengabdian belajar mengajar yang dilakukan PHSS bersama IMABA di SDN 023 Muara Badak Dusun Salo Elai, Desa Salo Palai, SDN 023 Fillial Dusun Salo Bandang, Desa Salo Palai, dan SDN 001 Fillial Dusun Tadutan, Desa Saliki, Kecamatan Muara Badak. 

Head of Comrel & CID Zona 9, Elis Fauziyah, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen PHSS dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau CSR bidang pendidikan di wilayah Ring I Perusahaan.

PHSS mendukung pengembangan kapastias sumber daya manusia khususnya generasi muda di wilayah yang masih sulit untuk terjangkau seperti di wilayah Dusun Tadutan. Di wilkayah ini terdapat 3 RT dengan jumlah penduduk mencapai 400 KK, namun hanya terdapat 1 Sekolah Dasar, SD N 001 Fillial dengan 2 orang pengajar dan 15 murid dari kelas 1 hingga kelas 6 SD. 

“Dengan adanya program ini, kami berharap dapat memberikan pembelajaran baru dan sarana penunjang bagi para murid, serta penguatan nilai-nilai AKHLAK yang ditanamkan pada para generasi muda untuk terus semangat membangun daerahnya,” ujar Elis. 

Sementara, Ketua IMABA, Kevin Riski Wijaya, pada kesempatan ini menyampaikan apresiasi kepada PHSS. “Peradaban maju dibentuk oleh ilmu. Kami berharap program ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi anak-anak sekolah dasar maupun masyarakat pada umumnya di wilayah Kecamatan Muara Badak”, ujarnya.

Terkait program Cahaya, PHSS menyerahkan secara simbolik panel surya kepada 3 sekolah dasar dan fasilitas umum Masjid Al Ikhlas, Dusun Salo Bandang Desa Salo Palai Kecamatan Muara Badak.

“Sebagai bagian dari komitmen kami dalam mendukung kebijakan transisi energi Pertamina, kami terus mendorong penggunaan energi baru dan terbarukan yang dapat meningkatkan kemandirian masyarakat terhadap energi dan sekaligus memanfaatkan sumber energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” jelas Elis.

Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Muara Badak, Neneng, menyampaikan bahwa jaringan PLN sejauh ini masih belum dapat menjangkau di wilayah Dusun Salo Bandang, Desa Salo Palai dan Dusun Tadutan, Desa Saliki. 

“Akses menuju wilayah tersebut cukup jauh dan sulit dijangkau baik melalui transportasi darat maupun laut. Kehadiran energi terbarukan PHSS di wilayah tersebut dapat membantu kegiatan belajar anak-anak maupun masyarakat dalam beribadah," tutup Neneng. RH

PHSS Gelar Program Teaching Action dan Cahaya untuk Wilayah Pelosok di Muara Badak PHSS Gelar Program Teaching Action dan Cahaya untuk Wilayah Pelosok di Muara Badak Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Februari 28, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.