Kapal Pengangkut BBM Pertamina Terbakar, Tiga Kru Hilang


Jakarta, OG Indonesia --
PT
 Pertamina International Shipping (PIS) menyampaikan turut prihatin atas insiden yang terjadi pada kapal MT Kristin di pelabuhan Ampenan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu sore (26/3/2023).

Corporate Secretary PT Pertamina Muhammad Aryomekka Firdaus menjelaskan, kapal MT Kristin merupakan kapal milik PT Hanlyn Jaya Mandiri yang saat ini tengah disewa oleh PIS untuk mengangkut BBM ke TBBM Ampenan dan TBBM Sanggaran.

"Berdasarkan laporan sementara, insiden terbakarnya kapal terjadi saat kapal melakukan labuh jangkar. Titik api terlihat berasal dari forecastle atau mooring deck depan dan penyebab timbulnya api masih diselidiki lebih lanjut," ucap Firdaus dalam keterangannya, Minggu (26/3/2023).

Dia menambahkan, sebanyak 17 kru kapal berupaya optimal untuk memadamkan api, namun belum berhasil. Sehingga, nakhoda memutuskan untuk segera melakukan evakuasi. 

"Dalam proses evakuasi, 3 kru yang tengah melakukan operasional jangkar diketahui lompat ke laut terlebih dahulu dan saat ini masih dalam pencarian. Sementara, 14 kru lainnya dipastikan selamat dan saat proses evakuasi kru kapal dibantu oleh nelayan sekitar. Kru kapal yang selamat saat ini berada di TBBM Ampenan," terangnya.

Dilanjutkan Firdaus, Tim Emergency Response PIS terus berkoordinasi dengan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat, Pelindo, dan otoritas lainnya untuk proses evakuasi, penanggulangan kru kapal dan pemadaman. 

"Tim PIS saat ini menitikberatkan perhatian untuk  keselamatan seluruh kru kapal MT Kristin, dan penanggulangan pemadaman kapal untuk keamanan bersama," ujarnya.

"PIS menekankan perlunya mengutamakan dan menyerukan  pentingnya aspek keselamatan dalam seluruh kegiatan operasional baik untuk kru kapal dan juga memastikan kargo muatan kapal," pungkas Firdaus. RH

Kapal Pengangkut BBM Pertamina Terbakar, Tiga Kru Hilang Kapal Pengangkut BBM Pertamina Terbakar, Tiga Kru Hilang Reviewed by Ridwan Harahap on Minggu, Maret 26, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.