Hindari Penyalahgunaan BBM, BPH Migas Minta Masyarakat Simpan QR Code Dengan Baik


Jember, OG Indonesia --
Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meminta agar masyarakat yang telah mendapatkan QR Code melalui aplikasi MyPertamina, menyimpannya dengan baik untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

"Banyak terjadi penyalahgunaan QR Code yaitu membeli BBM subsidi menggunakan CR Code orang lain. Mohon saat mencetak QR Code, jangan sampai minta tolong kepada orang lain atau memindah tangankan QR Code, karena BBM Subsidi dan Kompensasi Negara akan dipakai oleh mereka yang tidak berhak. Tidak sedikit terjadi kasus seperti itu, ke SPBU mau isi bensin, ternyata jatah BBM subsidi sudah digunakan atau habis karena QR Code sudah dipakai orang lain. Tolong dijaga QR Code-nya baik-baik," ungkap Anggota Komite BPH Migas Wahyudi Anas pada acara Seminar Umum Diseminasi Informasi di Jember, Jawa Timur, Jumat (13/10/2023).  

Dalam kesempatan tersebut, Wahyudi juga memaparkan mengenai Peraturan BPH Migas Nomor 2 Tahun 2023 tentang Penerbitan Surat Rekomendasi untuk Pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) yang wajib menggunakan QR Code agar tepat sasaran, Tepat Volume dan Tepat Layanan pada Masyarakat sesuai Perpres 191 Tahun 2014.

"Surat Rekomendasi itu untuk mendukung kegiatan masyarakat, misalnya masyarakat Jember yang sebagian besar bekerja sebagai petani padi dan Nelayan" imbuh Wahyudi. 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi VII DPR Bambang Haryadi mengapresiasi kegiatan ini dan mengharapkan agar BPH Migas selalu bersinergi dengan DPR untuk menciptakan manfaat bagi masyarakat.

"Terima kasih kepada BPH Migas yang telah menyelenggarakan Seminar Umum Diseminasi Informasi bersama DPR RI. Kami sangat merasakan manfaat keberadaan BPH Migas, antara lain dalam pengawasan distribusi BBM bersubsidi," tuturnya. 

Bambang mengharapkan agar BPH Migas dapat terus bekerja secara cermat, mengingat tugas yang diemban tidak ringan yaitu mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, seperti  memastikan ketersediaan BBM, memastikan akses BBM, dan terjangkaunya harga BBM bagi masyarakat, terutama BBM bersubsidi. Selain itu, juga memastikan agar BBM subsidi tepat sasaran dan tepat volume.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jember Ahmad Halim, dan Sales Area Manager (SAM) Retail Malang PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Alam Kanda Winali, serta Sales Branch Manager (SBM) Rayon V Malang Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Zico Aldillah Syahtian. RH

Hindari Penyalahgunaan BBM, BPH Migas Minta Masyarakat Simpan QR Code Dengan Baik Hindari Penyalahgunaan BBM, BPH Migas Minta Masyarakat Simpan QR Code Dengan Baik Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Oktober 13, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.