PTTEP Indonesia Dorong Penguatan 400 UMKM Ibu Tangguh


Jakarta, OG Indonesia --
Di tengah krisis akibat pandemi Covid-19, kaum perempuan membuktikan perannya secara signifikan, salah satunya dalam aspek ekonomi. Di Rorotan, Jakarta Utara contohnya, banyak tumbuh Ibu Tangguh yang menjadi penggerak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Kolaborasi PTTEP, perusahaan eksplorasi minyak dan gas asal Thailand dengan Dompet Dhuafa menginisiasi program Ibu Tangguh, di mana dalam hal ini merupakan program penguatan UMKM Tahap 2 yang berfokus pada perempuan.

Para penerima manfaat program ini menyasar pada, janda, perempuan berkebutuhan khusus ataupun perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga dengan banyak tanggungan dan tantangan.

“Program ibu Tangguh ini diharapkan menjadi stimulus bagi pelaku UMKM agar bisa survive bahkan bisa bangkit sehingga bisa melewati tantangan pandemi Covid-19. Kami PTTEP sangat senang dapat membantu masyarakat, harapan kami tentunya semoga kebaikan dari program ini dapat berlanjut dan terus meluas,” ujar Grinchai Hattagam, General Manager PTTEP Indonesia, Rabu (8/6/2022).

Grinchai pun mengungkapkan rasa bahagianya dikarenakan semakin banyaknya penerima manfaat program yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan yakin bahwa kegiatan ini akan menginspirasi orang lain untuk berbuat kebaikan yang lebih besar.

“Program Ibu Tangguh merupakan program yang berfokus pada para perempuan pejuang ekonomi yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Para perempuan terpilih ini merupakan perempuan hebat  yang menjadi ujung tombak ekonomi keluarga di saat kondisi ekonomi sedang kurang bersahabat selama masa pandemik,” sambung Herdiansah, Direktur Dompet Dhuafa Social Enterprise.

Penerima manfaat program Ibu Tangguh ini tersebar di wilayah Jabodetabek dengan jumlah sebanyak 30 perempuan. Sementara itu, penerima manfaat program UMKM tahap 1 sebanyak 60 orang yang tersebar di wilayah Jakarta Utara.

Secara umum, lebih dari 400 orang yang terbantu dengan adanya program penguatan UMKM ini. Program Ibu Tangguh ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 7 Gerai Sehat Rorotan yang di resmikan pada tahun 2015 atas prakarsai oleh PTTEP Indonesia bekerja sama dengan Dompet Dhuafa.

Dalam program Ibu Tangguh, penerima manfaat program mendapatkan bantuan untuk  penguatan usaha yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan. Tidak hanya itu, bantuan yang diberikan antara lain alat-alat pendukung usaha, modal, dan support dalam bentuk financial technology jika diperlukan. Dengan tahapan program antara lain, survey penerima manfaat (PM) selama 1 bulan, kemudian assessment, pemilihan data, dan pengumuman penerima manfaat. RH

PTTEP Indonesia Dorong Penguatan 400 UMKM Ibu Tangguh PTTEP Indonesia Dorong Penguatan 400 UMKM Ibu Tangguh Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, Juni 08, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.