Batal Kompor Listrik, Muncul Rice Cooker Gratis

Fahmy Radhi, Pengamat Ekonomi Energi UGM.
Foto: Hrp

Jakarta, OG Indonesia --
Setelah rencana pembagian kompor listrik dibatalkan, Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana membagikan 680 ribu penanak nasi atau rice cooker gratis kepada masyarakat pada 2023. 

Tujuan pembagian rice cooker, yang akan dibiayai dari APBN Kementerian ESDM 2023, adalah untuk mendukung pemanfaatan energi bersih, meningkatkan konsumsi listrik per kapita, serta penghematan biaya memasak bagi masyarakat. 

Namun menurut Pengamat Ekonomi Energi UGM Fahmy Radhi, Pemerintah belum menghitung juga kontribusi dalam pemanfaatan energi bersih, peningkatan konsumsi listrik, dan penghematan menanak nasi dalam penggunaan 680 ribu rice cooker tersebut.

"Sebagai bagian dari diversifikasi penggunaan energi bersih yang menggunakan listrik, pembagian rice cooker gratis cukup tepat. Dengan daya listrik yang rendah, penggunaan rice cooker dapat dimanfaatkan oleh keluarga penerima manfaat yang menggunakan daya listrik 450 Volt Ampere (VA), baik untuk rice cooker berdaya 200 VA, maupun berdaya 300 VA," ucap Fahmy, Minggu (27/11/2022).

Hanya saja menurut Fahmy, rice cooker berdaya 200 VA dapat digunakan 24 jam, sedangkan rice cooker berdaya 300 VA tidak dapat digunakan selama 24 jam terus menerus, terutama pada malam hari saat semua menyala. "Agar lebih leluasa penggunaan rice cooker 300 VA, pelanggan listrik 450 VA harus mengubah menjadi 900 VA," terangnya.

Lebih lanjut Fahmy mengatakan bahwa pembagian rice cooker tidak begitu tepat dalam menggantikan gas LPG 3 Kg, bahkan hampir tidak dapat menggantikan LPG 3 Kg sama sekali. Alasannya, rice cooker hanya untuk menanak nasi, sedangkan memasak lauk dan lainnya masih menggunakan kompor gas dengan LPG 3 Kg. 

"Dengan demikian, program pembagian rice cooker tidak efektif sama sekali dalam mencapai tujuan mengurangi, apalagi menggantikan LPG 3 Kg, yang konten impor dan subsidi cukup besar sehingga memberatkan APBN," ujarnya.

Fahmy mengatakan, Kementerian ESDM seharusnya memprioritaskan diversifikasi  program penggunaan energi bersih melalui migrasi dari LPG 3 Kg ke energi bersih, seperti menambah jaringan Jargas dan mempercepat gasifikasi batubara yang lebih masif. 

"Bukan program coba-coba yang tidak efektif dalam menggantikan LPG 3 Kg, yang menjadi permasalahan negeri ini selama ber tahun-tahun tanpa ada solusinya," pungkasnya. RH

Batal Kompor Listrik, Muncul Rice Cooker Gratis Batal Kompor Listrik, Muncul Rice Cooker Gratis Reviewed by Ridwan Harahap on Minggu, November 27, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.