Pertamina EP Gandeng PKBM Assolahiyah Berdayakan Masyarakat Karawang

Karawang, O&G Indonesia –- Perkembangan zaman belum tentu ikut mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Tidak sedikit masyarakat justru harus berusaha lebih ekstra dalam memenuhi kebutuhan hidup ditengah perkembangan zaman seperti sekarang ini. Pendidikan dan kreatifitas dinilai sebagai jalan untuk bisa mewujudkan suatu sistem ekonomi baru yang lebih bersahabat dengan masyarakat sehingga mampu mewujudkan cita-cita kesejahteraan.

 Hal tersebut yang diusung oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Assolahiyah di wilayah pesisir Jawa Barat atau lebih tepatnya di Karawang. Melalui integrasi antara pendidikan dengan ekonomi kreatif produktif kini PKBM Assolahiyah mampu menjadi secercah harapan masyarakat Karawang dan sekitarnya untuk bisa meraih mimpi mereka.

Heru Saleh, pengelola PKBM Assolahiyah bercerita, bahwa pendidikan menjadi dasar untuk bisa membentuk kemandirian masyarakat terutama dari sisi kemandirian ekonomi. “Ini kita mulai dengan memberikan pendidikan bagi masyarakat yang buta aksara, putus sekolah, masyarakat yang belum bekerja atau rumah tangga,” tutur Heru.

Setelah diberikan modal dasar tersebut kemudian ditambahkan dengan pendidikan produktif seperti pelatihan berbagai keahlian. “Pendidikan ekonomi produktif diintegrasikan dengan berbagai potensi, misalnya, dari buta aksara diintegrasikan dengan ekonomi produk usaha terasi super serta pendidikan kesetaraaan diintegrasikan dengan usaha konveksi ‘Selawe Collection’,” papar Heru lagi.

Dalam menjalankan kesehariannya Heru tidak sendiri. Semangat untuk mengabdi dan mensejahterakan masyarakat ternyata “tercium” oleh PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang. Kesamaan untuk mensejahterakan masyarakat pun membuat perusahaan ikut turun tangan bersama Heru memberikan berbagai pelatihan pendidikan dan pengembangan ekonomi kreatif.

“Atas peran kemitraan bersama PT Pertamina EP seperti dari segi pendanaan dan pendampingan dengan tenaga ahli, membuat PKBM Assolahiyah lebih bisa menjangkau dan memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat,” jelas Heru.

Kini berkat adanya peningkatan kualitas pengajaran baik dari sisi pengajar maupun fasilitas dari PT Pertamina EP para anak didik Assolahiyah bisa unjuk gigi di dunia luar dengan berbagai hasil kerja mereka. “Bahkan kini produk kami seperti terasi sudah menjadi unggulan di daerah dan menjadi pemasok terbesar bagi rumah makan di Kabupaten Karawang” tambah Heru.

Heru berharap sinergi antara PKBM Assolahiyah dengan PT Pertamina EP melalui program CSR-nya bisa terus berlanjut dan ditingkatkan. Karena degan begitu Heru yakin akan lebih banyak lagi masyarakat yang akan mendapatkan manfaat. RH
Pertamina EP Gandeng PKBM Assolahiyah Berdayakan Masyarakat Karawang Pertamina EP Gandeng PKBM Assolahiyah Berdayakan Masyarakat Karawang Reviewed by OG Indonesia on Kamis, November 12, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.