Pertamina Kerjasama dengan Sucofindo untuk Tingkatkan Efisiensi Perusahaan

Bachder Djohan Buddin,
Direktur Utama Sucofindo.
Foto: Ridwan Harahap
Jakarta, O&G Indonesia – PT Pertamina (Persero) dan PT Sucofindo melakukan penandatanganan nota kesepahaman untuk menjalin sinergi dalam membangun kesepahaman bersama di bidang inspeksi, pengujian dan sertifikasi. Kerjasama ini dijalin seiring upaya Pertamina untuk meningkatkan efisiensi di semua lini perusahaannya.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin, disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (12/11).

Dikatakan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, bahwa Pertamina membutuhkan dukungan dan sinergi dari BUMN lain seperti Sucofindo  dalam melaksanakan kegiatan operasinya secara maksimal. “Kerjasama dengan Sucofindo untuk melihat potensi-potensi pemanfaatan aset-aset perusahaan yang ada. Kapasitas Sucofindo  itu dari hulu sampai downstream, bisa berkaitan dengan sertifikasi, analisa laboratorium, pelatihan dan konsultasi dan banyak lainnya yang bisa dilakukan di Pertamina,” terang Dwi Soetjipto.

Sebelum perluasan aspek kerjasama pada hari ini, Pertamina dan Sucofindo sebenarnya telah menjalin kerjasama dengan nilai investasi sekitar Rp 1 triliun dari tahun 2011 sampai 2015. “Tentu saja ke depan dengan adanya perluasan aspek akan lebih besar dari itu,” jelasnya.

Dengan MoU ini, Sucofindo bisa melakukan berbagai kerjasama dengan masing-masing direktorat di Pertamina. Salah satu contohnya adalah untuk kegiatan supervisi kualiti dan kuantiti proses loading/unloading produk/bahan baku Pertamina untuk dapat meminimalkan losses. “Kami memiliki kapabilitas melakukan cargo losses survey migas di pelabuhan pemuatan dan pembongkaran baik di dalam maupun luar negeri, hingga distribusi antar kilang dan depo untuk mencapai operasional yang efisien,” kata Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin.

Bachder menambahkan bahwa pihaknya siap mendukung peningkatan daya saing Pertamina, di antaranya melalui layanan pengawasan distribusi migas dan bahan bakar lain, inspeksi keandalan aset dan instalasi, serta pengujian independen. “Sebagai pihak independen, hasil survey, penelitian, dan pengujian kami digunakan untuk kepentongan menjaga dan meningkatkan kinerja pelanggan, maupun untuk kelancaran perdagangan,” jelasnya.

“Kita ada drone survey dengan alat canggih bisa kemana-mana kurang lebih enam jam setiap beroperasi melakukan kegiatan. Kami juga memiliki seismik untuk survey blok untuk mendeteksi kandungan minyak. Kalau kita lakukan sendiri sebagai anak bangsa, dari sisi keamanan dari wilayah kita akan terproteksi dibanding kalau kerjasama dengan orang luar,” pungkas Bachder. RH



Pertamina Kerjasama dengan Sucofindo untuk Tingkatkan Efisiensi Perusahaan Pertamina Kerjasama dengan Sucofindo untuk Tingkatkan Efisiensi Perusahaan Reviewed by OG Indonesia on Kamis, November 12, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.