IIGCE 2018 Digelar Awal September, Dirjen EBTKE: Kegiatan Geothermal Tetap Eksis

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Pada hari ini, Selasa (08/05), digelar acara “Indonesia Geothermal Community Gathering” di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Gathering ini merupakan salah satu agenda resmi Asosiasi Panasbumi Indonesia (API) dalam rangka forum pertemuan reguler para pakar, peneliti, pemerhati, konsultan, perusahaan pengembang geothermal dan perusahaan jasa/pendukung geothermal sekaligus merupakan Soft Launching The 6th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2018, yang akan diadakan pada tanggal 5 - 8 September 2018, di Jakarta Convention Center.

The 6th IIGCE 2018 ini direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dan diharapkan juga akan menghadirkan jajaran pembicara kunci antara lain Menteri ESDM Ignasius Jonan, sampai Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang akan menyampaikan pandangannya tentang nilai strategis pengembangan geothermal di Indonesia.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE), Rida Mulyana yang membuka acara Soft Launching IIGCE 2018 menyampaikan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada API dengan tetap melaksanakan kegiatan IIGCE kembali kendati suasana ekonomi yang sedang lesu. 

"Dengan diadakannya acara IIGCE ke-6 ini saya melihat bahwa kegiatan geothermal masih tetap eksis dan akan tetap berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh pemerintah guna mendukung kebijakan pemerintah dalam penyediaan tenaga listrik dari energi terbarukan," jelas Rida.

Sementara itu Ketua API Prijandaru Effendi memaparkan, bahwa kali ini API mengusung tema “Empowering Geothermal for Indonesia’s Energy Sustainability”. "Pemilihan tema ini dianggap tepat dengan melihat situasi ekonomi serta kebijakan dan regulasi yang ada saat ini. Sehingga menekankan untuk memberdayakan panas bumi dengan berbagai inovasi secara maksimal untuk energi berkelanjutan," paparnya. “Diharapkan hasil kegiatan IIGCE 2018 akan menjadi bahan masukan bagi pemerintah," sambungnya.

M. Ikbal Nur, Ketua Pelaksana IIGCE 2018 menyampaikan bahwa IIGCE tahun lalu berhasil dihadiri lebih dari 600 peserta konvensi serta 6000 orang yang berkunjung ke eksibisi baik dari dalam maupun luar negeri. "Melanjutkan sukses tahun lalu, IIGCE 2018 ini diharapkan akan menjadi tradisi berkelanjutan bagi komunitas Panas ​bumi sebagai ajang untuk berdiskusi masalah-masalah Panasbumi serta berbagi pengalaman dan keahlian bagi kepentingan bersama antara industri, kampus dan pemerintah serta pemangku kepentingan lainnya," jelas Ikbal.

Data API menunjukkan bahwa, setelah pengoperasian 2 Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) baru pada tahun 2018 ini yaitu PLTP Karaha Unit 1 dengan kapasitas 30 MW dan PLTP Sarulla Unit 3 kapasitas 86 MW, maka total kapasitas pembangkit listrik tenaga panas bumi di Indonesia mencapai 1.924,5 MW dan akan melampaui 2 GW pada akhir tahun ini.

Dalam RUPTL PLN 2018 - 2027, rencana penambahan PLTP berkurang dari 6290 MW - menjadi 4583 MW. API berpandangan, meskipun menurun, rencana pengembangan panas bumi 4,5 GW sepuluh tahun yang setara dengan 8,2% dari total rencana pembangunan pembangkit listrik nasional 56 GW tetap dalam skenario pencapaian 23% porsi energi baru terbarukan dalam bauran energi nasional tahun 2025, menunjukkan peran penting energi panasbumi dalam ketahanan energi serta merefleksikan kesiapan dan keseriusan pemerintah dan pengembang geothermal di Indonesia. RH
IIGCE 2018 Digelar Awal September, Dirjen EBTKE: Kegiatan Geothermal Tetap Eksis IIGCE 2018 Digelar Awal September, Dirjen EBTKE: Kegiatan Geothermal Tetap Eksis Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Mei 08, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.