Dubes AS Apresiasi Partisipasi GE di Proyek PLTGU Jawa-1

Joseph R. Donovan Jr.,
Dubes AS untuk Indonesia
Karawang, OG Indonesia -- Pada acara ground breaking proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa-1 di Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, hari ini, Rabu (19/12), Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. menyambut baik kontribusi perusahaan Amerika dan Jepang dalam pembangkit listrik pertama di Indonesia yang mengintegrasikan infrastruktur gas alam dan pembangkit tenaga listrik.

Dubes Donovan menyebutkan bahwa proyek Jawa-1 ini adalah hasil dari Kemitraan Energi Strategis Jepang-AS (JUSEP) dan mencerminkan “pertumbuhan berkualitas tinggi dan berkesinambungan yang dinakhodai sektor swasta” yang didukung oleh JUSEP di seluruh Indo-Pasifik.

Dubes Donovan mengatakan bahwa membantu negara-negara Asia Tenggara membangun infrastruktur gas alam cair merupakan fokus utama Strategi Indo-Pasifik Presiden Trump, serta program Meningkatkan Pengembangan dan Pertumbuhan Melalui Energi atau Asia EDGE.


Asia EDGE dan JUSEP bertujuan untuk mengkatalisasi – bukan menggantikan – investasi sektor swasta dengan memungkinkan reformasi sektor energi dan menumbuhkan pasar energi yang berkesinambungan dan aman di seluruh Indo-Pasifik.


Dubes Donovan juga menyampaikan selamat kepada GE atas perannya dalam proyek ini. Turut sertanya GE sebagai perusahaan asal AS membuat bagian dan komponen AS bisa berkontribusi sebesar Rp 2,9 triliun (US$200 juta) untuk Jawa-1.


Dalam proyek ini, GE menyediakan turbin gas 9HA.02 yang dibuat di South Carolina yang diklaim paling efisien dengan tingkat emisi terendah. GE juga akanamemberikan layanan pemeliharaan jangka panjang yang meliputi digital solutions, commissioning and installation, parts, field and repair services.

Jika nanti sudah beroperasi, PLTGU Jawa-1 akan dapat menghasilkan 1.760 megawatt listrik yang dapat diandalkan dan terjangkau untuk 11 juta rumah di Indonesia.

“Energi adalah sumber kehidupan ekonomi modern dan tenaga listrik yang diproduksi Jawa-1 akan menyediakan energi yang efisien dan terjangkau bagi keluarga dan sektor usaha di Indonesia. Amerika Serikat menantikan untuk mendukung kemitraan lainnya yang memajukan visi kita bersama akan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ujar Dubes Donovan. RH


Dubes AS Apresiasi Partisipasi GE di Proyek PLTGU Jawa-1 Dubes AS Apresiasi Partisipasi GE di Proyek PLTGU Jawa-1 Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Desember 19, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.