Jumat, 28 Juni 2019

YLKI Soroti Galian Kabel PLN yang Bikin Macet Lalu Lintas

Tulus Abadi, Ketua Harian YLKI.
Foto: Youtube.com
Jakarta, OG Indonesia -- Dalam beberapa hari terakhir, sejak Rabu, 19 Juni 2019, kemacetan lalu lintas mengular mulai dari Jl. Ridwan Rais, lalu sepanjang Jalan Cikini Raya hingga Stasiun Cikini, Jakarta Pusat. Ternyata, kemacetan tersebut salah satu penyebab utamanya karena sedang ada kegiatan galian kabel PT PLN (Persero).

Persoalan galian kabel PLN di pinggir jalan memang seolah tak pernah tuntas. Menurut Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, kemacetan jalan akibat galian kabel PLN merupakan gambaran jeleknya manajemen pembangunan infrastruktur di ibukota. 

“Ini cermin buruknya manajemen pembangunan infrastruktur di DKI Jakarta. Saling tumpang-tindih, tidak koordinatif dan sinergis,” kata Tulus, Jumat (28/06). “Hari ini PLN. PLN selesai ganti PDAM. PDAM selesai ganti Telkom dan seterusnya. Sudah gitu, manajemen dampak tidak pernah beres. Pasti bikin macet,” sambungnya.

Dadang, salah seorang pengemudi kendaraan yang setiap hari melintasi rute Jalan Cikini Raya, sangat kesal dengan kemacetan yang  harus dijalaninya. “Sebel dan muak sih,” ucapnya kesal.

Ditambahkan Tulus, seharusnya ada upaya serius yang dilakukan oleh pihak PLN dan instansi terkait untuk meminimalisir dampak kemacetan akibat galian kabel. “Idealnya pembangunan infrastruktur seperti ini dilakukan secara serentak dalam satu jaringan yang besar, seperti di negara-negara maju,” tegasnya.