Mahasiswa Universitas Pertamina Sabet 3 Medali di IESO Korsel 2019

Daegu, OG Indonesia -- Mahasiswa Universitas Pertamina mengukir prestasi gemilang di ajang 13th International Earth Science Olympiad (IESO) yang diselenggarakan di Daegu, Korea Selatan, pada tanggal 2 September 2019 lalu. 

Ivan Muhammad Mahendra, Mahasiswa Program Studi Teknik Geologi Universitas Pertamina Angkatan Tahun 2019, berhasil meraih beberapa penghargaan untuk kategori individu maupun kelompok pada ajang bergengsi tersebut.

Untuk kategori individu, Ivan berhasil meraih medali perunggu. Hal yang diujikan berupa individual written & practical test yang meliputi pengetahuan tentang ilmu kebumian. Sedangkan pada kategori kelompok, Ivan berhasil meraih medali perak untuk International Team Field Investigation (ITFI) dan medali perak untuk Earth Science Project (ESP).

Pada kompetisi International Team Field Investigation (ITFI), kelompok diminta untuk melakukan pengambilan dan pengolahan data geologi di lapangan, yang dilanjutkan dengan presentasi kelompok tentang interpretasi mereka terhadap data tersebut. Sementara pada kompetisi Earth Science Project (ESP), kelompok diminta untuk memberikan problem solving terhadap fenomena climate change.  

“Tim saya yang terdiri dari peserta asal Malaysia, India, Nepal, Sri Lanka, Pakistan, Jepang, Austria, Republik Ceko dan Perancis berada di peringkat ke-2 dari total 18 tim,” ungkap Ivan.

13th International Earth Science Olympiad (IESO) dipayungi oleh International Geoscience Education Organization (IGEO), yakni organisasi internasional yang beranggotakan para pendidik/ organisasi/ institusi pendidikan ilmu kebumian di seluruh dunia, baik untuk tingkat pra-perguruan tinggi maupun perguruan tinggi. 

Selain untuk mempromosikan pendidikan geoscience kepada seluruh pelajar di dunia, tujuan dari olimpiade ini adalah untuk mendorong dan mengembangkan kesadaran publik terutama pelajar akan pentingnya menjaga bumi dan seluruh isinya.

Rektor Universitas Pertamina, Akhmaloka, menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan international exposure para mahasiswa, Universitas Pertamina akan terus memberikan dukungan untuk segala kegiatan positif mahasiswa, seperti kejuaraan di berbagai level. 

“Semoga dengan diraihnya prestasi gemilang dari Ivan dapat menjadi penyemangat bagi mahasiswa lainnya untuk terus mengukir prestasi terutama di level internasional,” tutupnya. RH
Mahasiswa Universitas Pertamina Sabet 3 Medali di IESO Korsel 2019 Mahasiswa Universitas Pertamina Sabet 3 Medali di IESO Korsel 2019 Reviewed by OG Indonesia on Kamis, September 19, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.