Kamis, 31 Oktober 2019

Inisiatif Digitalisasi Siemens Dukung Banyak Industri di Indonesia

Prakash Chandran (kiri)
dan Cedric Neike (kanan).
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Revolusi industri keempat yang didukung oleh digitalisasi merupakan kunci transformasi industri di Indonesia. Siemens yang sudah 160 tahun berada di Indonesia pun menyadarinya dan telah memulai beberapa inisiatif digitalisasi dengan mitra perusahaan lokal.


"Siemens Indonesia berkeinginan untuk menjadi mitra kolaborasi utama dalam proses perwujudan transformasi industri di Indonesia sebagai bagian dari program nasional Making Indonesia 4.0," kata Prakash Chandran, Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia di sela-sela forum "Siemens Digitalize Indonesia 2019" di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Beberapa mitra lokal yang telah bekerjasama dengan Siemens terkait inisiatif digitalisasi di perusahaannya antara lain PT Sumberdaya Sewatama dan Indonesia Power. Dengan Sewatama, Siemens telah memulai Digital Energy Services dengan menggunakan sistem operasi terbuka berbasis cloud untuk Internet of Things (IoT) dan MindSphere.

Sementara dengan Indonesia Power, Siemens menerapkan realitas Maya (VR) dalam rangka optimasi pembangkit serta meningkatkan keterampilan dan kemampuan pengoperasian dari para personil perusahaan.

"Difasilitasi Kementerian Perindustrian Indonesia, Siemens juga menciptakan sebuah ekosistem dengan perusahaan-perusahaan di sektor industri seperti makanan dan minuman serta bahan kimia melalui program inisiatif Siemens Artificial Intelligence/Control Performance Analytics (AI/CPA) software," kata Cedric Neike, Anggota Dewan Direksi Siemens AG dan CEO Smart Infrastructure.

Ditambahkan olehnya, selain berkomitmen menyediakan produk, sistem, dan solusi yang canggih, Siemens juga terus membuka peluang kerja lewat pelatihan dan peningkatan keterampilan. Jadi inisiatif digitalisasi yang dilakukan dengan mitra lokal justru tidak mengurangi jumlah tenaga kerja yang ada. RH