Jurnalis OG Indonesia Raih Prestasi di Penghargaan Jurnalistik 2019 Tambang Emas Martabe


Medan, OG Indonesia -- PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe menggelar penganugerahan Penghargaan Jurnalistik 2019 di Medan pada Senin, 4 November 2019. Penganugerahan penghargaan ini merupakan acara puncak dari ajang kompetisi karya jurnalistik yang digelar sejak 17 Juli hingga 20 September 2019 dan dapat diikuti oleh seluruh jurnalis Indonesia. Media OG Indonesia yang Anda baca ini pun meraih prestasi di ajang ini.


Presiden Direktur PT Agincourt Resources Muliady Sutio mengemukakan media massa dan para jurnalis merupakan salah satu pemangku kepentingan utama yang telah memberikan dukungan secara terus-menerus selama ini demi kelangsungan operasional Tambang Emas Martabe yang lebih baik ke depan.

"Tambang Emas Martabe dan media massa bertumbuh dan berkembang bersama. Oleh karena itu, kami ingin terus berkontribusi pada peningkatan kapasitas para jurnalis. Berbagai program telah kami laksanakan, seperti Media Capacity Building, Media Visit, dukungan pada UKW, dan Penghargaan Jurnalistik," ujar Muliady.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources Katarina Siburian Hardono menyampaikan terima kasih dan apresiasi tertinggi kepada para jurnalis di seluruh Indonesia yang telah mengikuti Penghargaan Jurnalistik 2019. Tahun ketiga pelaksanaan Penghargaan Jurnalistik Tambang Emas Martabe mengusung tema "7 Tahun Tambang Emas Martabe Tumbuh dan Membangun Bersama".

Terdapat dua kategori kompetisi yakni feature news dan foto jurnalistik. Adapun, Penghargaan Jurnalistik 2019 Tambang Emas Martabe terbuka bagi seluruh jurnalis media massa Indonesia, baik cetak, online, maupun elektronik.

"Kami sangat senang pada pelaksanaan Penghargaan Jurnalistik 2019 Tambang Emas Martabe, karena terjadi peningkatan baik dari kuantitas maupun kualitas karya jurnalistik yang masuk. Jumlahnya bahkan meningkat tiga kali lipat dibandingkan jumlah karya jurnalistik pada kompetisi tahun lalu. Kami berterima kasih atas antusiasme yang luar biasa ini," jelas Katarina.

Lebih lanjut, Katarina mengatakan bahwa dari sisi kualitas karya jurnalistik yang masuk semakin baik dari tahun ke tahun. Tak hanya mengedepankan kontribusi Tambang Emas Martabe terhadap para pemangku kepentingan, tetapi juga mengangkat berbagai kritik dan saran membangun yang sangat diperlukan oleh perusahaan.

Katarina merinci, setelah membaca dan menilai seluruh karya yang masuk, Dewan Juri memutuskan dan menetapkan para pemenang Penghargaan Jurnalistik 2019 Tambang Emas Martabe kategori feature news sebagai berikut:
Juara I: Dudi Rahman (Dunia Energi) "Petani Batangtoru Makin Pede Berkat Dukungan Pengelola Tambang Martabe"
Juara II: Sahat Gultom (LKBN Antara) "Okto Anggara Sitompul, Pengangguran Binaan Tambang Emas Martabe yang Mengubah Sampah Palet jadi Penghasilan”
Juara III: Mega Sihombing (KISS FM) “Antara Literasi, Sinergi, dan Berbakti Untuk Negeri”

Tak hanya itu, Dewan Juri juga memilih empat juara harapan untuk kategori feature news. Salah satunya adalah jurnalis dari OG Indonesia yaitu Ridwan Harahap dengan tulisannya yang berjudul “Marsipature Hutanabe Ala Tambang Emas Martabe”. Berikut adalah tautan beritanya: http://www.ogindonesia.com/2019/09/marsipature-hutanabe-ala-tambang-emas.html?m=1 

Sementara Juara Harapan lainnya antara lain:
- Sanny Damanik (TVRI Medan) “Srikandi Tambang”
- Sugiatmo (Analisa) “Melihat Dunia Bersama Tambang Emas Martabe”
- Elsid Arendra (Globe Asia) “Toward Sustainable Mining”

Kendati demikian, untuk kategori foto jurnalistik, Dewan Juri memutuskan belum ada yang memenuhi standar penilaian, sehingga hanya memutuskan pemenang Foto Favorit yakni dari Arifin Alamudi (IDN Times) “Berkat Taman Baca Anak Melati, Lia Jadi Pandai Membaca, Menulis dan Menari.”

Ketua Tim Dewan Juri Penghargaan Jurnalistik 2019 Tambang Emas Martabe Maria D. Andriana, yang juga merupakan redaktur serta jurnalis senior LKBN Antara mengungkapkan topik dalam karya jurnalistik yang diikutsertakan cukup beragam, meliputi hampir seluruh dampak dan kontribusi langsung dan tidak langsung dari keberadaan Tambang Martabe kepada para pemangku kepentingan.

"Informasi yang diangkat mengungkapkan dengan jelas dan terang apa saja yang dilakukan oleh perusahaan, serta mampu menjawab keingintahuan masyarakat akan 'dapur' perusahaan pertambangan, khususnya bagi masyarakat di sekitar tambang dan Sumatera Utara. Saya juga mengapresiasi PT Agincourt Resources karena kompetisi seperti ini dapat memacu para jurnalis menghasilkan karya yang lebih baik. Kami ucapkan selamat kepada para pemenang," tutup Maria.

Adapun, Juara I akan mendapatkan total hadiah Rp10.000.000, Juara II Rp7.500.000 dan Juara III Rp5.000.000. Sementara itu, untuk para Juara Harapan mendapatkan masing-masing Rp2.500.000 dan pemenang Foto Favorit Rp5.000.000. Seluruh pajak akan ditanggung oleh para pemenang. R2

Jurnalis OG Indonesia Raih Prestasi di Penghargaan Jurnalistik 2019 Tambang Emas Martabe Jurnalis OG Indonesia Raih Prestasi di Penghargaan Jurnalistik 2019 Tambang Emas Martabe Reviewed by OG Indonesia on Selasa, November 05, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.