Neuronthings, Aplikasi IoT untuk Kendali Alat Rumah Tangga

Jakarta, OG Indonesia -- Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pertamina memiliki tugas capstone project pada mata kuliah Proyek Multidisiplin. Tim mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Angkatan 2016 yang beranggotakan Aditya Dewata P, M. Qubaisy A, dan Vicky Sultan A membuat aplikasi Internet of Things (IoT) dilengkapi dengan machine learning untuk smart home dengan nama "Neuronthings : Automation Device for Home With Machine Learning".


Tim dari Universitas Pertamina yang dinamai “Jazari” membuat aplikasi tersebut untuk memantau, mengatur, dan mengendalikan alat-alat elektronik rumah tangga yang bisa diakses menggunakan aplikasi smartphone. Tim Jazari kemudian melombakan aplikasi tersebut dalam ajang kompetisi Electronics and Informatics Competition (Elination) 2019 pada kategori IoT yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta pada 10 November 2019.

Electronics and Informatics Competition (Elination) merupakan kompetisi tahunan Universitas Negeri Yogyakarta untuk pelajar seluruh Indonesia yang diharapkan dapat menghasilkan inovasi-inovasi kreatif yang dituangkan dalam bentuk alat dan aplikasi untuk mengatasi segala bentuk permasalahan yang sedang dihadapi. 

Elination tahun ini mengangkat tema “Let's Show That Young Generation Ready to Face Technology Challenge” dengan tiga kategori lomba, diantaranya IoT untuk mahasiswa, Jaringan Komputer untuk Pelajar SMA/SMK/sederajat, dan Line Followers untuk umum. Pada kategori IoT, Tim Jazari berhasil meraih juara pertama, tim dari Institut Teknologi Bandung menempati juara kedua dan tim dari Universitas Brawijaya menempati juara ketiga.

Ke depannya, Tim Jazari berencana melombakan karya mereka pada ajang kompetisi internasional serta berharap dapat mematenkan alat dan aplikasi karya mereka tersebut. Dewata sebagai perwakilan dari Tim Jazari berharap prestasi yang diraih oleh Tim Jazari dapat memberikan inspirasi kepada rekan-rekan mahasiswa yang lain untuk terus berinovasi guna mempersiapkan diri meghadapi era industri 4.0.

Dekan Fakultas Sains dan Ilmu Komputer Universitas Pertamina, Awali Priyono mengapresiasi prestasi yang diraih tim Jazari. “Dunia masa depan akan dikuasai oleh sains dan teknologi. Universitas Pertamina optimis memiliki kemampuan untuk menjadi salah satu pelopor kemajuan teknologi di masa mendatang. Hal ini terbukti dari kompetisi-kompetisi lomba yang dimenangkan oleh mahasiswa kami. Salah satunya dari tim Jazari ini. Semoga aplikasi ini ke depannya dapat disempurnakan lagi untuk digunakan di masyarakat luas,” ucapnya. R3
Neuronthings, Aplikasi IoT untuk Kendali Alat Rumah Tangga Neuronthings, Aplikasi IoT untuk Kendali Alat Rumah Tangga Reviewed by OG Indonesia on 08.04 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.