Senin, 30 Desember 2019

Miris, Kampung Menantu Jokowi kok Belum Dialiri Listrik?

Foto: FB Amroe Moee
Mandailing Natal, OG Indonesia -- Sudah 74 tahun Indonesia merdeka dan sudah 20 tahun Kabupaten Mandailing Natal dimekarkan, ternyata masih ada desa yang belum dialiri listrik di Mandailing Natal yang merupakan kampung dari menantu Jokowi. Ya, Bobby Nasution, suami dari Kahiyang Ayu yang merupakan putri Presiden RI Joko Widodo memang berasal dari Mandailing Natal atau Madina.

Postingan dari akun Facebook Amroe Moee bertanggal 25 Desember 2019 sontak viral di dunia maya. Dalam postingannya, Muhammad Amru, pemilik akun tersebut yang juga mahasiswa dan aktivis penggiat lingkungan dan sosial bercerita tentang kunjungannya ke Desa Silogun, Kecamatan Pakantan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara pada Selasa, 24 Desember 2019. Di sana ia menemukan bahwa warga setempat sama sekali belum menikmati aliran listrik.

"Desa terpencil di ujung Sumatera Utara, Desa Silogun, Kecamatan Pakantan, Kabupaten Mandailing Natal tanpa listrik dan infrastruktur yang begitu memprihatinkan. Bagaimana mungkin roda ekonomi ingin mengalami peningkatan kalau akses jalannya tak mendukung. Bagaimana lagi dengan kesehatan dan pendidikannya?" tulis Amru dalam postingan di akun FB-nya.

Di Desa Silogun ada sekitar 27 KK dengan jumlah penduduk sebanyak 134 jiwa. Desa ini terletak di daerah perbatasan Sumatera Utara dan Sumatera Barat, tepatnya dengan Kecamatan Rao di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. 

Dari pengamatan Amru, Desa Silogun tergolong masih tertinggal dari segala hal di bidang pembangunan, terutama untuk sarana infrastruktur jalan, pelayanan umum hingga jaringan listrik. Amru pun berharap Desa Silogun bisa mendapat perhatian dari semua pihak terutama Pemerintah. 

"Semoga menjadi perhatian bagi kita semua sebagai warga yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan. Dan berharap Pemerintah harus memberanikan diri untuk fokus pada poin penuntasan kemiskinan terkhusus di bumi gordang sambilan," harap Amru. R2