Capai 706,2 Ribu BOPD, Lifting Minyak Tembus Target Revisi


Jakarta, OG Indonesia --
Kinerja industri hulu minyak dan gas bumi (migas) Indonesia di Kuartal III 2020 mampu mencapai target revisi yang ditetapkan, kendati harga minyak dunia masih rendah dan pandemi COVID-19 terus menekan kegiatan di lapangan.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, akibat COVID-19 dan harga minyak rendah, perusahan-perusahaan migas nasional, internasional maupun multinasional menunda belanja modal yang berakibat pada kemampuan suplai di masa depan. 

“Namun dengan koordinasi yang erat dan kerja keras SKK Migas dan KKKS, dampak dari kondisi itu bisa kita minimalkan sehingga kita dapat mencapai target revisi yang ditetapkan,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto pada jumpa pers Kinerja Hulu Migas secara virtual yang diikuti OG Indonesia di Jakarta, Jumat (23/10/2020).

SKK Migas mencatat, hingga September 2020 lifting migas sebesar 1.689 ribu barel minyak ekuivalen per hari (BOEPD) dengan rincian lifting minyak sebesar 706,2 ribu barel minyak per hari (BOPD) atau 100,2% dari target Anggaran Pendapatan Negara Perubahan (APBN-P) yang sebesar 705 ribu BOPD. Sedangkan lifting (salur) gas sebesar 5.502 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) atau 99,3% dari target APBN-P yakni 5.556 MMSCFD.

Realisasi ICP US$ 42/barel, atau lebih tinggi dari yang digunakan pada saat penetapan APBN-P sebesar US$38/barel, sehingga menghasilkan penerimaan negara sebesar US$ 6,99 miliar atau 119% melebihi target APBN-P sebesar US$ 5,86 miliar. Munculnya COVID-19 gelombang ke-2 diperkirakan akan menyebabkan ICP rata-rata per tahun sebesar US$ 40/barel, sehingga outlook penerimaan negara dari sektor hulu migas di akhir 2020 akan mencapai US$ 7,21 miliar. 

Dwi menambahkan, pencapaian tersebut membutuhkan kerja keras SKK Migas-KKKS dan Pertamina untuk memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Negara. Semua pihak bekerja sama degan stakeholder untuk merealisasi investasi sehingga kegiatan investasi dapat direalisasi di lapangan, serta memaksimalkan lifting.

Realisasi investasi hulu migas sendiri sampai September sebesar US$ 6,9 miliar. Realisasi investasi terbesar dilakukan oleh seperti Pertamina E&P, CPI, Pertamina Hulu Mahakam, BP Berau dan Eni East Sepinggan. 

“Saat kondisi sulit seperti ini, tentunya Negara membutuhkan adanya perputaran ekonomi, kami yakin investasi hulu migas akan menciptakan multiplier effect bagi ekonomi Indonesia sehingga dapat memulihkan perekonomian,” jelas Dwi. (R1/Migas Indonesia)

Capai 706,2 Ribu BOPD, Lifting Minyak Tembus Target Revisi Capai 706,2 Ribu BOPD, Lifting Minyak Tembus Target Revisi Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Oktober 23, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.