National Energy Week 2021 Jadi Event Online Energi Nasional Terbesar



Jakarta, OG Indonesia -- 
Dari sejumlah informasi energi yang menarik pada acara National Energy Week (NEW) yang diselenggarakan oleh Komunitas Migas Indonesia Chapter Rusia dan Eropa Timur (KMI RET), di antaranya berkaitan dengan PLN dan PLTN. 

M Ikhsan Asaad, Direktur Mega Project dan EBT PLN menyatakan bahwa PLN selaku BUMN yang memiliki peran penting menghidupi 270 juta rakyat Indonesia sangat mendukung pengembangan EBT dengan tidak lagi membangun fossil energy-based plant dan menyatukan visi untuk menggerakan ekonomi Indonesia. 

Selain itu, pada diskusi hari ke-4 bertajuk Progres PLTN di tanah air, KMI RET mempertemukan Kepala Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir BATAN Suparman, Kepala Perwakilan Thorcon Indonesia Bob Sulaiman Effendi dan Anggota DPR Komisi VII 2014-2019 Kurtubi. Walaupun diberikan waktu yang terbatas, diskusi panas saat itu melahirkan sebuah kesepakatan lisan terkait kolaborasi.  

“Akhirnya setelah empat tahun, Batan menyatakan siap bekerjasama dengan Thorcon sebatas litbang yang disampaikan oleh Kepala Pusat Energi Nuklir, Suparman dalam Webinar National Energy Weeks,” tulis Bob Effendi, Perwakilan Thorcon Indonesia pada akun instagram @bobsoef. 

NEW merupakan program pembuka KMI RET yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 sampai 14 maret 2021 dengan tema “Membangun Industri Energi Terintegrasi dan Berkelanjutan”. Program NEW ini didukung oleh 20 partner dan sponsor. Acara ini dihadiri kurang lebih 400 partisipan setiap harinya dengan sekitar 780 pendaftar, menjadikan NEW sebagai event online energi nasional terbesar di Indonesia 2021.

Acara NEW terdiri dari 2 rangkaian yakni Job Fair dan Panel Discussion. Rangkaian acara Job Fair menghadirkan 15 pembicara dari 10 perusahaan ternama dengan tiga topik menarik yaitu Company Sharing, Career Building, dan Career Clinics. Sedangkan rangkaian acara Panel Discussion menghadirkan lebih dari 30 pembicara penggiat energi dengan topik-topik aktual dan komprehensif meliputi “target 1 juta BOPD”; “Prospek EBTK”; “Teknologi Kendaraan Listrik”; “Progres PLTN”; dan “Praktek Terbaik K3”. 

Selain inspirasi dan motivasi, Peserta juga melatih soft skill dan hard skill yang dibutuhkan dalam dunia migas melalui pelatihan dan diskusi langsung dengan para ahli. “Topik Behavioral Based Interview pada ruang ke-2 seru dan menyenangkan, banyak diberikan info-info mengenai pertanyaan interview. Terdapat semacam role play yang berperan sebagai pewawancara dan yang diwawancarai sehingga acara semakin menarik,” ujar Liswanda Ayu, salah satu peserta career clinic. 

Selain itu, para mahasiswa dan profesional muda juga dapat memperoleh insight penelitian terkait eksplorasi dan pengembangan lapangan migas dalam dan luar negeri, capaian energy mix, upaya menarik investasi, serta adaptasi terhadap energi transisi dan digitalisasi.

Ketua KMI Pusat Herry Putranto, serta Ketua I dan II KMI RET, Muhammad Iksan dan Francesco Redy Karo-karo, meyakini bahwa NEW adalah bentuk cicilan kontribusi kepada bangsa atau batu loncatan pertama menyongsong kontribusi yang lebih nyata ke depan. KMI RET berencana menyelenggarakan Energy Week pada tataran Regional atau GLobal dengan menghadirkan CEO perusahaan-perusahaan energi, Direktur NGO dan Regulator serta akademisi dari berbagai belahan dunia guna menarik investasi dan memperkuat sinergi dan kolaborasi antar negara terkhusus bagi kepentingan nasional. Sehingga ke depan, kemandirian, ketahanan dan kedaulatan energi bangsa dapat terwujud. 

“Tentu dari segudang potensi energi yang kita (Indonesia) miliki, di masa depan Indonesia bisa menjadi raksasa energi, tak hanya itu, ketika kelebihan listrik, kita bisa ekspor ke Singapura dan Malaysia,” tegas Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional, Djoko Siswanto.

 “Event webinar dan job fair yang sangat luar biasa, dengan speaker yang sangat berpengalaman dan materi yang disampaikan sangat memotivasi saya. Terima kasih banyak untuk panitia karena telah sukses mengadakan webinar dan job fair ini. Untuk acara selanjutnya semoga terlaksana dan sukses terus. Amin,” ungkap Hendra Purnama pada hasil survey feedback acara NEW. 

Melihat respon positif yang disampaikan oleh para partisipan tersebut memungkinkan KMI RET untuk kembali mengadakan program ini dengan skala yang lebih besar ke depannya. R3


National Energy Week 2021 Jadi Event Online Energi Nasional Terbesar National Energy Week 2021 Jadi Event Online Energi Nasional Terbesar Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Maret 19, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.