AKR dan BBG Bentuk JV untuk Garap Distribusi Gas Bumi di KEK JIIPE


Jakarta, OG Indonesia --
PT AKR Corporindo Tbk dan PT Bayu Buana Gemilang (BBG) menandatangani perjanjian pendirian perusahaan patungan untuk kegiatan distribusi gas alam ke area KEK JIIPE Gresik dan sekitarnya. 
JV dengan nama PT Berkah Buana Energi (BBE) akan melakukan pembangunan, pengelolaan dan pengembangan jaringan distribusi  gas melalui pipa dari lokasi sumber gas ke pelanggan.

Untuk awal kegiatannya, JV akan difokuskan untuk mengembangkan bisnis di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur untuk melayani permintaan tenant industri JIIPE. AKR akan mengendalikan kepemilikan 65% sedangkan BBG memegang 35%. Acara penandatanganan yang dilakukan pada Rabu (4/8/2021) dilaksanakan secara online dan dihadiri oleh perwakilan top manajemen AKRA, JIIPE, dan BBG. Direktur Utama  AKR Haryanto Adikoesoemo dan Direktur Utama BBG Andi Rachman menandatangani perjanjian pendirian perusahaan JV tersebut.

Haryanto Adikoesoemo mengatakan, AKR dan BBG akan bersinergi untuk mendistribusikan energi yang dapat dijangkau oleh para pelaku industri. Selain itu, menurutnya gas alam juga merupakan salah satu sumber energi yang paling bersih, dengan intensitas karbon yang rendah, teraman dan paling berguna dari semua sumber energi.

“PT Berkah Buana Energi, merupakan bagian dari strategi pertumbuhan AKR untuk menambahkan bahan bakar yang lebih bersih dan energi terbarukan ke dalam portofolio produk kami. AKR telah menjadi distributor utama produk BBM dan bahan kimia dasar untuk pelanggan Industri, dan kami sangat senang dapat bermitra dengan BBG untuk mengembangkan portofolio produk kami," ucap Haryanto.

AKR adalah perusahaan swasta terkemuka untuk distribusi BBM dan Kimia di Indonesia,  dengan jaringan logistik supply chain yang tersebar di seluruh negeri. AKR sendiri telah mendirikan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) seluas 3000ha dengan PELINDO III. JIIPE sndiri saat ini telah ditetapkan statusnya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus oleh Presiden Republik Indonesia. JIIPE menyediakan utilitas yang efisien di salah satu kawasan industri dan pelabuhan terintegrasi terbesar di Indonesia termasuk pembangkit listrik, distribusi gas, data, air, air limbah, dan layanan lainnya.

Sementara BBG adalah perusahaan swasta terkemuka di Indonesia yang bergerak di bidang perdagangan dan distribusi gas bumi. BBG telah membangun jaringan pipa gas di Jawa Timur, Jawa Barat dan Kalimantan Timur dan mendistribusikan gas alam melalui pipa, truk dan fasilitas berbasis darat lainnya melalui penerapan berbagai teknologi yang tersedia seperti CNG, NGV dan pembangkit listrik berbahan bakar gas. R3


AKR dan BBG Bentuk JV untuk Garap Distribusi Gas Bumi di KEK JIIPE AKR dan BBG Bentuk JV untuk Garap Distribusi Gas Bumi di KEK JIIPE Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, Agustus 05, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.