Transformasi Digital, Pertamina Lubricants Gandeng Google Cloud Indonesia


Jakarta, OG Indonesia --
PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), yang mengelola bisnis pelumas melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Google Cloud Indonesia di Gedung Pertamax, Grha Pertamina hari Senin, 13 Desember 2021.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Finance & Business Support PTPL Catur Dermawan dengan Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie serta disaksikan oleh Direktur Utama PTPL Ageng Giriyono dan Deon Montasser, Head of Enterprise and Corporate Sales, Google Cloud Indonesia.

Sinergi ini merupakan salah satu langkah strategis PTPL dalam perjalanan transformasi end to end digitalization di semua lini bisnis mulai dari proses produksi, sales & marketing, operasi, supply chain, logistik hingga digitalisasi bersama pelanggan dan konsumen. Selain itu, hal ini juga sejalan dengan rencana jangka panjang untuk mendukung komitmen Go Digital Pertamina dan program “Making Indonesia 4.0” yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

“Teknologi dan digitalisasi menjadi kunci penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis, Perjalanan implementasi industri 4.0 di PTPL sudah berjalan sejak tahun 2020 dengan misi utama yakni “developing integrated platform & services”. Dengan mitra yang tepat seperti Google Cloud, kami secara agresif melakukan modernisasi infrastruktur dan aplikasi bisnis yang terintegrasi, tepat sasaran dan mampu memberikan nilai lebih kepada bisnis kami secara berkelanjutan,” tutur Catur. 

MoU antara PTPL dan Google Cloud Indonesia ini mencakup beberapa pilar strategis yang akan mendorong efisiensi biaya dan operasional dan mengakselerasi inovasi produk dan layanan kepada konsumen dan masyarakat. 

Selain mendukung pembangunan infrastruktur IT yang lebih aman dan cepat, kerjasama ini akan memanfaatkan produk-produk dan layanan Google Cloud seperti big data analytics, smart data analytics, machine learning, artificial intelligence, application modernization, developer tools, API management, collaboration and productivity application, storage and databases, networking, security and identity management, dan infrastructure modernization yang akan membantu PTPL dalam pengambilan keputusan-keputusan strategis secara real time. 

Catur melanjutkan bahwa, data yang terintegrasi dan tersentralisasi akan membantu kami dalam melakukan analisa yang lebih komprehensif sehingga mampu mengambil keputusan bisnis yang tepat dan melahirkan inovasi berdasarkan data.  

"Kami merasa terhormat dapat membantu Pertamina Lubricants beralih ke cloud dan mencapai tujuan-tujuan digital mereka. Melalui kerja sama ini, kami tidak hanya membantu Pertamina meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga mempercepat inovasi berbasis data mereka demi terwujudnya pertumbuhan jangka panjang dan sebagai bagian dari pertumbuhan Indonesia," kata Megawaty Khie, Country Director, Google Cloud Indonesia. RH


Transformasi Digital, Pertamina Lubricants Gandeng Google Cloud Indonesia Transformasi Digital, Pertamina Lubricants Gandeng Google Cloud Indonesia Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Desember 14, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.